6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Cara Membimbing Orang Muda Menjadi Pemuda Kristen Yang Berkarakter

cara membimbing orang muda menjadi pemuda yang berkarakter, Motivasi dan Inspirasi Rohani Kristen, Motivasi rohani kristen, inspirasi rohani kristen, Quotes Sadutu Sabhori, Quotes Rohani Kristen Yang Menginspirasi, Tips Rohani, Edukasi Rohani, Inspirasi Rohani, Motivasi Rohani, Fakta Alkitab, Pedoman Rohani, Quotes Rohani, Pelajaran Rohani, Santapan Rohani, Santapan Harian, Kesaksian Rohani, Pengalaman Rohani, Devotional, Alkitab Kristen, Kata Alkitab, Tokoh Kristen, Gereja, Pemuda Kristen, Pemuda Kreatif, Pemuda Berkualitas, Tafsir Alkitab, Sakramen Kristen, Nazar, Paskah, Natal, Christmas, Yesus Kristus, Tuhan Yesus, Yesus, Allah Kristen, Israel, Yerusalem, Kata-kata Motivasi Kristen, Kata Mutiara Kristen
Cara Membimbing Orang Muda Menjadi Pemuda Kristen Yang Berkarakter, Kreatif dan Inovatif


Sadutu-sabhori.com - Pemuda Kristen adalah mereka yang berusia muda atau disebut muda-mudi yang berperan aktif dalam melayani di dalam komunitas atau gereja. Karena pemuda memiliki peran yang sangat penting, maka perlu cara untuk membimbing orang muda menjadi pemuda Kristen yang berkarakter, kreatif dan inovatif

Bukan hanya pemuda secara umum sebagai ujung tombak keberlangsungan negara, pemuda Kristen juga merupakan ujung tombak yang dilatih agar berperan dalam berbagai bidang pelayanan di gereja maupun masyarakat.

Mereka sudah dilibatkan dalam berbagai urusan dan pelayanan sejak mereka remaja hingga mereka dewasa. Sehingga tidak heran, jika pada umumnya pemuda Kristen memiliki jiwa pelayanan dan berorganisasi saat terjun ke masyarakat dan dunia kerja.

Lihat Juga Bacaan Tentang :

Tentu ada hal-hal yang diajarkan sebagai dasar atau pondasi sejak mereka aktif dalam organisasi atau komunitas gereja. Untuk lebih jelas apa saja yang diajarkan sebagai dasar bagi seorang pemuda Kristen sehingga mereka memilki kualitas saat terjun ke  masyarakat dan dunia kerja.

Cara membimbing Pemuda Kristen menjadi Pemuda yang Berkarakter :

1. Ajar Mereka Sesuai Firman Tuhan

Bagian penting yang perlu diajarkan kepada orang muda Kristen adalah tentang Firman Tuhan. Alkitab jelas memberikan informasi secara khusus mengenai orang muda, bisa dibaca dalam Mazmur 119 : 9

Ini menunjukkan betapa rentannya seorang muda terpengaruh dengan hal-hal buruk di dalam pergaulan. Alkitab memberikan cara khusus bagi orang tua agar mendidik mereka dalam kebenaran. 

Orang muda memiliki sifat ingin mecoba sesuatu yang baru dan menantang, mereka puas jika niat mereka terpenuhi tanpa berpikir panjang. Sehingga hanya Firman Allah yang sanggup membentengi mereka dengan kuat agar mereka tidak terjerumus dalam pergaulan yang sia-sia.

2. Melibatkan Mereka Dalam Urusan Rohani

Karena usia muda merupakan masa ingin tahu yang kuat terhadap sesuatu yang baru. Mereka ingin mencoba sesuatu tanpa pertimbangan yang matang, sehingga membuat mereka lebih berpeluang untuk dipengaruhi kepada hal-hal buruk. 

Dengan melibatkan orang muda dalam kegiatan rohani akan membatasi ruang gerak mereka pada pengaruh yang menuju kepada hal negatif. 

Mereka merasa dibutuhkan dalam hal yang penting layaknya orang dewasa, ini membentuk mereka menjadi bagian penting dalam berbagai bidang pelayanan dalam organisasi gereja atau komunitas rohani.

3. Bimbing Mereka Untuk Bertanggungjawab

Salah satu poin penting yang harus diajarkan kepada pemuda Kristen adalah bertanggungjawab. Ini bukan hanya tugas orang dewasa atau yang lebih tua saja, pemuda seharusnya diajarkan agar mereka memahami pentingnya hidup dan bertanggungjawab.

Anak muda juga perlu memiliki sikap bertanggungjawab secara mandiri tanpa harus tergantung pada bantuan orang tua atau orang dewasa. Tugaskan mereka satu hal untuk dikerjakan dengan panduan yang benar dan tepat.

Jelaskan apa yang akan mereka kerjakan dan bagaimana menjaga satu kepercayaan yang di embankan kepada mereka. Berikan mereka support dan bimbing mereka dengan kasih saat mereka serong.

Jika hal ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka orang muda akan merasa hidup mereka penting dan berguna. Ini adalah target yang sebenarnya dalam membimbing seorang muda.

 Pada titik ini orang muda akan dengan sendirinya bertindak dan berperilaku yang baik dan mereka tahu bahwa hidup mereka dibutuhkan untuk hal-hal yang positif. Mereka bisa menempatkan diri sesuai dengan Firman Tuhan dimanapun mereka hidup

4. Jangan Menegur Mereka Pada Saat Yang Tidak Tepat

Pelajaran penting bagi orang tua atau orang dewasa adalah jangan pernah memberikan teguran atau bimbingan yang keras kepada orang muda ketika mereka belum siap menerimanya.

Sebagai orang tua, tidak seharusnya memberikan teguran kepada orang muda ketika mereka berada di tempat umum atau pada tontonan banyak orang yang membuat mereka malu.

Hindari menggunakan kalimat dan ekspresi yang keras dan bengis. Tegurlah mereka dengan cara yang lembut dan penuh kasih. Orang muda lebih berpeluang sadar jika diberikan nasehat yang lembut dan pada tempat bahkan situasi yang tepat.

Itulah 4 hal yang bisa dilakukan orang tua kepada setiap orang muda Kristen. Mengajarkan mereka dengan sungguh-sungguh akan membuat mereka menemukan hidup mereka yang sebenarnya.

Kita akan melihat pemuda-pemuda Kristen yang berkarakter dan inovatif ada dimana-mana, orang muda akan menjadi ujung tombak bagi bangsa dan negara, bagi gereja dan masyarakat

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !