Apakah Tuhan Belum Menjawab Doamu ?

Doa, Sadutu Sabhori, Renungan harian, gereja, inspirasi, motivasi Kristen


Sadutu-sabhori.com - Bukan rahasia lagi bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan, bahwa seringkali sebagai orang percaya memiliki pertanyaan yang satu ini. Pertanyaan itu adalah mengapa Tuhan belum menjawab doa saya, padahal sudah sekian lama saya menantikan jawaban doa dari Tuhan.

Jika ini yang kamu alami saat ini, maka tidak perlu panik dan kuatir ya. Melalui pembahasan pada artikel ini, kamu akan tahu apa yang perlu dilakukan saat Tuhan belum juga menjawab doa kamu sampai hari ini.

Sebagai manusia yang lemah dan berdosa, tentu kamu pasti merasakan sedih dan kadang kecewa seperti yang dialami banyak orang bukan ? terlintas dalam pikiran dan hati bahwa seolah Tuhan jauh dari hidupmu.

Tenang dulu, jangan sampai kamu pikir yang berlebihan sehingga membuat pikiran dan hati kamu semakin jauh dari Tuhan hanya karena hal-hal seperti itu.

Kamu perlu memahami lebih dalam, mengapa Tuhan belum menjawab doa setiap orang yang sudah sekian lama dinaikan dengan sungguh-sungguh sekalipun.

Supaya kamu jangan menyalahkan Tuhan hanya karena merasa doa tidak dijawab, maka kamu harus memiliki satu kesadaran secara total bahwa doa dan pergumukan seseorang adalah rahasia dan kehendak Tuhan :

Untuk itu, jika doamu belum juga terjawab maka perhatikan bebrapa hal penting dibawah ini. 

Yang perlu dilakukan disaat doa belum dijawab oleh Tuhan

  • Jangan Putus Asa, Teruslah Berdoa

Ini adalah hal yang sederhana namun memiliki dampak yang sangat besar dalam hal jawaban Tuhan atas doa seseorang. Terkadang orang tidak lagi berdoa karena terlalu lama menunggu jawaban atas doa-doanya. Firman Tuhan dalam 1 Tesalonika 5:17-18 "Tetaplah Berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah didalam Kristus Yesus bagi kamu."

Dalam menantikan jawaban atas setiap doa, kamu jangan bosan-bosan untuk terus berdoa. Karena Tuhan lebih mengetahui kapan harus menjawab doa dan bagaimana cara Tuhan menjawab doa seseorang. Injil Lukas 18:1 berkata " ..., bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu."

  • Miliki Kerendahan Hati

Saat kamu berdoa dan mengharapkan jawaban Tuhan, maka perlu kamu periksa diri atau dengan kata lain koreksi diri.

Bagian ini memberikan kamu pelajaran berharga bahwa Tuhan melihat hati yang benar-benar terbuka dan mau sungguh-sungguh ketika berdoa.

Percaya bahwa Tuhan yang kamu sembah adalah sosok yang mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, begitu juga hati yang dimiliki seseorang saat berdoa dan menantikan jawaban Tuhan.

Kerendahan hati adalah satu ukuran mutlak bagi setiap orang yang berdoa dan berharap akan campur tangan Tuhan terjadi dalam hidupnya.

Jika dalam hatimu masih menyimpan dosa dan kecongkakan yang terpelihara dengan subur, maka tentu ini adalah penghalang utama bagi setiap jawaban atas doa-doa yang kamu naikan kepada Tuhan yang Maha Tahu.

Jawaban doa adalah seperti air sejuk yang mengalir dari yang Maha Kuasa di tempat ketinggiaan-Nya menuju hati yang remuk dan penuh kerendahan.

Seperti yang dikatakan dalam Yesaya 44:3 "Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Rohku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu."

Ingat, jika kamu memiliki dosa dalam hati yang masih dipertahankan dan sulit untuk melepaskannya, maka porsi dosa akan memenuhi semua ruang hati dan hidup kamu yang seharusnya di isi dengan berkat-berkat  yang berasal dari Tuhan. 

Oleh karena itu berikan pengampunan kepada orang lain, jika kamu masih menyimpan hal-hal yang menggajal karena itu adalah bukti bahwa kamu melepaskan kecongkakan dari hidup. Jika tidak maka sampai kapanpun kamu tidak akan menikmati jawaban atas setiap doa-doamu.

Matius 6:12 berkata "karena jika kita mengampuni seperti Allah mengampuni maka Ia juga akan mendengarkan doa kita.

  • Tetap Percaya Akan Waktu Tuhan

Manusia yang terbatas, akan menghadapi keterbatasan pula untuk mengetahui segala sesuatu yang dipikirkan Allah.

Dalam keadaan seperti ini, janganlah kamu memaksakan setiap jawaban doa harus sesuai dengan apa yang kamu tentukan. 

Allah mengetahui kapan Ia harus menjawab setiap doa-doa setiap orang. Tidak perlu mematok bahwa apapun yang kamu minta dalam doa maka dikabulkan dengan cara dan waktu yang kamu tentukan.

Terkadang jawaban doa yang kamu terima adalah yang bukan kamu minta. Namun kamu harus percaya bahwa apa yang Tuhan berikan adalah yang terbaik.

Syukuri apa yang Tuhan berikan sebagai jawaban atas doa-doamu, karena itu adalah hal yang terbaik. Karena Tuhan lebih mengetahui seberapa besar yang kita minta dalam doa, dan jawaban Tuhan tidak pernah mengecewakan.

Ucapkan beberapa kalimat ini pada akhir setiap doamu yang menunjukkan bahwa kamu mengakui jawaban Tuhan adalah yang terbaik dengan kata-kata seperti ini "Bukan kehendakku, melainkan kehendakMu." ini akan memberikan kesadaran secara penuh akan kemahakuasaan Tuhan dalam hidup.

Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 5:14 "Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya."

Jika kamu yakin bahwa Tuhan selalu berikan yang terbaik, maka tidak perlu ragu dan khawatir akan setiap yang kamu doakan.

Apapun jawaban Tuhan adalah yang terbaik, jawaban Tuhan yang kamu terima bisa saja "Sabar/tunggu", bisa juga jawaban Tuhan adalah "Tidak", atau Tuhan menjawab dengan "Ya". Intinya adalah syukuri apapun jawaban yang kamu terima dari Tuhan, karena itu pasti yang terbaik.