6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Pemuda Kristen Yang Berkualitas

Pemuda Kristen, Pemuda Kristen Kreatif, Berkarakter, sesungguhnya, Keuntungan hidup dalam Tuhan,Kristen, kekristenan, Sadutu-sabhori.com, Sadutu Sabhori, Renungan harian, renungan hari ini, gereja, inspirasi, motivasi Kristen, viral, trending, pemuda kristen adalah, pemuda kristen yang berkualitas, pemuda kristen yang berani tampil beda, pemuda kristen yang berkarakter, pemuda kristen indinesia, wallpaper rohani kristen gratis, pemuda kristen yang berdampak, pemusa kristen jawa yang kuat, pemuda kristen yang baik, pemuda kristen menjadi teladan,
Pemuda Kristen Yang Berkualitas


Sadutu-sabhori.com - Sebelum membahas pemuda Kristen yan berkualitas, terlebih dahulu kita melihat satu pernyataan dari Presiden Indonesia Pertama Ir. Soekarno tentang pemuda, yaitu " Beri aku 1000 orang tua, niscaya ku cabut semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia". 


Ungkapan ini menunjukkan betapa pentingnya peran pemuda dalam satu perubahan yang lebih kompleks dan lebih luas, terutama pemuda Kristen. 

Untuk membahas lebih dalam tentang pemuda Kristen yang berkualitas dan apa saja potensi yang dimiliki, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa hal tentang pemuda atau orang muda.

Siapakah Orang Muda ?

Pemuda Kristen Kreatif, pemuda Kristen, Pemuda, Pemuda Kristen Yang Inovatif, Pemuda Kristen Indonesia
© istockphoto


Kalau kita menyebut pemuda, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah mereka yang umurnya masih muda atau bahasa sekarang disebut milenial, ada juga yang menyebut mereka yang memiliki ruang gerak yang sangat bebas dan  kreatif.

Nah, apapun yang kita pahami tentang orang mudah, kita bisa gambarkan sendiri. Mungkin saja kita saat ini adalah orang muda atau kita pernah mengalami masa muda.

Didalam kehidupan sehari-hari, kita akan menemui berbagai perkumpulan atau komunitas-komunitas yang mewakili satu organisasi, baik itu organisasi gereja dan maupun komunitas lainnya dan di dalamnya banyak orang-orang muda.

Lihat Juga Bacaan Tentang :


Masa kehidupan muda-mudi adalah masa yang unik, masa yang terlihat indah, mengagumkan, membingungkan dan terkadang berbahaya.

Dikatakan berbahaya karena sifat keingintahuan yang besar terhadap banyak hal yang menantang akan membuat mereka berperilaku sangat bebas.

Banyak orang muda yang kehidupan bebasnya berpotensi hilang kendali dan lepas dari pengawasan orang tua, sehingga membahayakan hidup mereka.

Melihat begitu pentingnya peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakat maka saya coba melihat pemuda dari sudut pandang Kristen secara lebih spesifik, sebagai berikut :

Siapakah Pemuda Kristen ?

Pemuda Kristen Kreatif, pemuda Kristen, Pemuda, Pemuda Kristen Yang Inovatif, Pemuda Kristen Indonesia
© istockphoto


Setelah kita mengerti tentang siapa itu pemuda, maka sebagai orang Kristen kita perlu mengetahui siapakah Pemuda Kristen.

Pemuda Kristen adalah mereka yang berusia muda, memiliki identitas sebagai orang Kristen dan memiliki peran aktif dalam aktifitas secara rohani, baik itu di gereja atau dalam komunitas Kristen dan juga komunitas lainnya.

Pemuda Kristen pada dasarnya memiliki ciri khas khusus yang bisa dibedakan ketika mereka berada dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas dan homogen.

Untuk bisa membedakan pemuda Kristen ketika berada di masyarakat, kita bisa melihat dari tutur kata mereka yang memiliki ciri khas rohani, memiliki gaya hidup yang tidak mencolok secara materialistis, memiliki etika yang baik dan terukur, care atau peduli tanpa melihat latar belakang dan masih banyak lagi.

Itulah ciri khas yang seharusnya dimiliki oleh muda-mudi Kristen, namun jika kita melihat muda-mudi Kristen yang hidupnya tidak seperti yang diharapkan, maka itu menjadi beban kita untuk mendoakan mereka.

Pemuda Menurut Alkitab

Pemuda Kristen Kreatif, pemuda Kristen, Pemuda, Pemuda Kristen Yang Inovatif, Pemuda Kristen Indonesia
© istockphoto

Firman Tuhan menuliskan berbagai hal tentang orang muda dan dunianya di dalam kitab Pengkhotbah 11:9.

Masa muda selalu menjadi masa yang paling berharga bagi seorang muda untuk mengejar mimpi-mimpi mereka dengan giatnya.

Kehidupan muda-mudi adalah masa yang unik, masa yang terlihat indah dan mengagumkan, membingungkan dan terkadang berbahaya.

Dikatakan berbahaya karena sifat keingintahuan yang besar terhadap semua hal yang menantang akan membuat mereka berperilaku bebas dan berpotensi hilang kendali dan lepas dari pengawasan orang tua.

Tidak sedikit muda-mudi yang hilang kendali, sehingga banyak yang jatuh dalam kesesatan dan jauh dari Tuhan.

Peran Pemuda Kristen Dalam Gereja

Pemuda Kristen Kreatif, pemuda Kristen, Pemuda, Pemuda Kristen Yang Inovatif, Pemuda Kristen Indonesia
© istockphoto


Kita tahu bahwa bertumbuhnya gereja saat ini membutuhkan pelayanan yang kreatif serta inovatif dan itu bisa dilakukan oleh orang-orang muda, sehingga pemuda memiliki kontribusi yang besar untuk pertumbuhan gereja.

Pemuda dipercaya memiliki ide-ide kreatif dan luas dalam pelayanan gereja, sehingga mereka membutuhkan dukungan yang maksimal.

Semakin banyak melibatkan pemuda dalam pelayanan gereja, akan memberikan peluang yang besar bagi gereja untuk menjangkau lebih banyak jiwa dengan pelayanan-pelayanan yang inovatif.

Dengan melibatkan pemuda Kristen dalam pelayanan gereja, secara tidak langsung mempersempit ruang gerak mereka untuk berhubungan dengan pengaruh-pengaruh pergaulan yang buruk.

Peran Pemuda Kristen Dalam Masyarakat

Pemuda Kristen Kreatif
© istockphoto


Untuk dapat berinteraksi dan berkontribusi yang  lebih luas dalam kehidupan masyarakat yang majemuk seperti di Indonesia, muda-mudi Kristen dituntut untuk bisa menjadi teladan yang baik.

Memiliki sifat yang toleran dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada sebagai bagian dari anugerah Tuhan, memberikan warna dalam kehidupan yang berdampingan secara damai.

Menjadi pemuda yang mencintai perdamaian, melihat perbedaan agama, suku, ras dan bahasa adalah hal yang indah untuk disyukuri

Untuk itu, menjadi pemuda Kristen yang berkualitas haruslah memiliki karakter hidup yang sesuai dengan Firman Tuhan.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !