6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Menjadi Pemimpin Muda Yang Berkarakter Kristus

Menjadi Pemimpin Muda Yang Berkarakter Kristus, motivasi, inspirasi, fakta Alkitab, khotbah tentang pemuda yang berkualitas, keuntungan hidup dalam tuhan, pemuda kristen yang berkualitas, ilustrasi garam dan terang dunia, khotbah tangan tuhan yang pegang, manfaat hidup untuk tuhan, khotbah tangan tuhan yang pegang
Raja Daud

Sadutu-sabhori.com - Menjadi seorang pemimpin di usia muda adalah satu hal yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan seorang muda adalah sosok yang penuh semangat dan memiliki kekuatan dalam bertindak untuk mengatasi persoalan dengan cepat. Namun ada yang berpendapat bahwa menjadi pemimpin haruslah seorang yang cukup umur dan memiliki banyak pengalaman.

Banyak yang mempersoalkan seorang muda untuk menjadi pemimpin dengan alasan mereka belum memiliki pengalaman yang mumpuni dan sebagainya. Berpijak dari pendapat diatas, ada pertanyaan besar yang harus kita ketahui terkait siapa yang ideal menjadi seorang pemimpin dan apa standar yang harus dimiliki sebagai seorang pemimpin menurut Alkitab.

Fakta Alkitab Tentang Pemimpin Muda

Alkitab memberikan banyak contoh orang muda yang menjadi pemimpin dan sukses memimpin di masa muda mereka. Mereka memiliki semangat yang membara untuk melakukan banyak hal dan selalu ingin mencoba hal-jal baru yang ispiratif, sehingga orang muda kaya dengan berbagai hal-hal menarik.

Berikut ini ada beberapa tokoh Alkitab yang memimpin dengan sukses sejak usia mereka yang masih sangat muda :

Yosia

Yosia menjadi raja pada usia 8 tahun dan dikenal sebagai salah satu pemimpin atau raja Israel paling muda. Dalam pemerintahannya, hidup benar dan takut akan Tuhan sehingga pada umur 16 tahun atau 8 tahun dalam pemerintahannya Ia mulai mencari Allah yang benar mengikuti jejak leluhurnya Daud. Ia juga mulai membersihkan penyembahan berhala dari Yehuda dan Yerusalem pada umur ke-12 dalam pemerintahannya.

Salomo

Salomo diangkat menjadi raja pada usianya yang ke-20 tahun oleh ayahnya Daud. Ia dikenal sebagai raja yang sangat bijaksana dalam masa pemerintahannya san dikenal di banyak kalangan  hingga saat ini sebagai pemimpin atau raja yang memiliki hikmat luar biasa.

Daud

Daud menjadi raja Israel pada umur 30 tahun dan memerintah selama 40 tahun lamanya. Dalam pemerintahannya ia takut akan Tuhan dan memimpin dengan baik, sehingga namanya dikenal sebagai raja yang sangat populer sampai saat ini.

Itulah tiga contoh pemimpin yang ditulis dalam Alkitab sebagai pemimpin sejak usia masih muda. Mereka sangat dikenal sebagai pemimpin yang memiliki banyak talenta dan sangat sukses ketika memimpin. Melihat dari umur mereka yang masih muda dalam memimpin tentu menjadi tanda tanya besar bagi kita, apa yang membuat mereka sukses menjadi pemimpin?

Jika kita mempelajari kehidupan ketiga raja Israel seperti Daud, Salomo dan Yosia, mereka memiliki kehidupan yang unik sehingga pemerintahan yang mereka jalankan sukses. Hal penting yang mereka miliki adalah karakter ilahi atau disebut juga dengan karakter Kristus.

Makna Memiliki Karakter Kristus

1. Takut Akan Tuhan

Alkitab telah memberikan kesaksian bahwa menjadi seorang pemimpin tidak harus orang yang tua atau pada umur tertentu. Seperti halnya Yosia, Salomo dan Daud. Mereka menjadi raja Israel bukan karena ukuran umur, namun karena mereka memiliki karakter seorang pemimpin yang takut akan Tuhan. Sehingga untuk menjadi seorang pemimpin, salah satu ukurannya adalah takut akan Tuhan.

2. Komitmen Untuk Hidup Dalam Kebenaran

Sehebat-hebatnya seseorang berusaha untuk berlaku baik, akan ada sisi lemah yang membuat hidupnya bisa terjerumus dalam berbagai hal-hal negatif. Ini membuktikan manusia tidak bisa menjaga diri dengan kekuatannya sendiri. Tanpa komitmen untuk tetap hidup dalam kebenaran maka kita tidak akan mampu menjaga hidup benar dihadapan Tuhan. Sehingga orang yang memiliki karakter Kristus adalah mereka yang memiliki komitmen untuk hidup dalam kebenaran.

3. Hidup Dengan Kasih

Salah karakter Kristus yang harus dimiliki orang percaya adalah kasih. Kasih menjadi dasar dalam kehidupan orang percaya dan menjadi bagian paling penting dalam kehidupan seorang pemimpin. Ketika kasih ada dalam kehidupan seseorang maka kehidupannya akan memancarkan hal-hal luar biasa, tidak menyimpang dan hidupnya akan penuh keajaiban.

4. Hidup Dalam Tuntunan Roh Kudus

Roh Kudus adalah kekuatan dalam kehidupan orang beriman. Tanpa pekerjaan Roh Kudus maka apapun yang kita lakukan akan sia-sia dan tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Roh Kudus akan menolong dan menuntun kehidupan kita untuk tetap berjalan dalam kebenaran.

Yang menjadi pegangan ketika menjadi seorang pemimpin adalah takut akan Tuhan, hidup dalam kebenaran, memiliki Kasih dan selalu dituntun oleh roh kudus. Menjadi Pemimpin tidaklah diukur dari berapa umur dan pengalaman sebagai standar satu-satunya, namun ada hal yang lebih mendasar dari semua itu yakni memiliki karakter Kristus. Dengan memiliki karakter Kristus maka seorang pemimpin dapat memimpin sesuai kehendak Tuhan.

Baca Juga Bacaan Tentang :

Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !