6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Jumat Agung

jumat agung, Motivasi dan Inspirasi Rohani Kristen, Motivasi rohani kristen, inspirasi rohani kristen, Quotes Sadutu Sabhori, Quotes Rohani Kristen Yang Menginspirasi, Tips Rohani, Edukasi Rohani, Inspirasi Rohani, Motivasi Rohani, Fakta Alkitab, Pedoman Rohani, Quotes Rohani, Pelajaran Rohani, Santapan Rohani, Santapan Harian, Kesaksian Rohani, Pengalaman Rohani, Devotional, Alkitab Kristen, Kata Alkitab, Tokoh Kristen, Gereja, Pemuda Kristen, Pemuda Kreatif, Pemuda Berkualitas, Tafsir Alkitab, Sakramen Kristen, Nazar, Paskah, Natal, Christmas, Yesus Kristus, Tuhan Yesus, Yesus, Allah Kristen, Israel, Yerusalem, Kata-kata Motivasi Kristen, Kata Mutiara Kristen
© istockphoto modified

Sadutu-sabhori.com - Pada Jumat Agung, semua orang Kristen di seluruh dunia merayakannya dan melakukan perenungan atas kisah yang dialami Yesus hingga mengalami kematian. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Jumat Agung, ikuti bacaan ini sampai selesai.

Arti Jumat Agung

Sebagai orang Kristen tentu tidak asing lagi dengan berbagai perayaan hari-hari besar dalam agamanya, apalagi hari besar keagamaan tersebut sudah menjadi hari libur umum.

Salah satu hari besar dalam agama Kristen adalah Hari Jumat Agung yang dirayakan setiap tahun dalam kalender nasional. 

Dimana, perayaan Hari Jumat Agung ini dirayakan pada hari Jumat sebelum minggu Paskah, untuk merayakan Peringatan Penyaliban hingga kematian Tuhan Yesus Kristus di bukit Golgota.

Benarkah Yesus Wafat di Jumat Agung ?

Inspirasi Paskah
© istockphoto (modified)

Walaupun ada sebagian kecil yang tidak menyetujui bahwa penyaliban Tuhan Yesus dilakukan pada hari Jumat, namun berdasarkan keterangan Alkitab mengenai pengadilan Sanhedrin atas Tuhan Yesus dilakukan pada hari Jumat.

Penetapan ini sudah dilakukan dengan teliti dan secara rinci, dengan memeriksa seluruh keterangan Alkitab yang mencatat sejarah tentang Penyaliban Tuhan Yesus serta melalui analisis ilmiah.

Perayaan hari wafatnya Tuhan Yesus di kayu Salib yang dilakukan pada hari Jumat atau disebut Jumat Agung, sudah disepakati di seluruh dunia. 

Kenapa Disebut Jumat Agung atau Good Friday ?

Inspirasi Paskah
© istockphoto (modified)


Peringatan hari kematian Tuhan Yesus Kristus atau Jumat Agung juga disebut dengan "Good Friday". Istilah ini juga menjadi perdebatan di tengah masyarakat, karena merupakan perayaan terhadap kematian namun disebut "good" atau baik.

Untuk itu, perlu kita tahu tentang makna sebenarnya dari kata "Good Friday" pada perayaan Hari Kematian Yesus Kristus atau Jumat Agung.

Sebenarnya sejarah munculnya kata "Good Friday" untuk Jumat Agung berasal dari kata "God's Friday" atau " Hari Jumat Milik Tuhan".

Yang seharusnya karena itu adalah perayaan atas kematian, maka lebih tepat menggunakan "Bad Friday", namun dianggap lebih tepat menggunakan "Good Friday" karena pada hari Jumat itu diakhiri dengan hal yang luar biasa, yaitu rencana Allah untuk menyelamatkan manusia jadi terpenuhi.

Sehingga sampai saat ini Jumat Agung disebut "Good Friday" dan ada juga yang menyebutnya dengan " Great Friday dan Holy Friday".

Peringatan hari kematian Tuhan Yesus selain disebut sebagai Jumat Agung, ada juga yang menyebutnya dengan Jumat Hitam atau Jumat Suci. 

Bukanlah persoalan, yang menjadi fokus kita sebagai orang Kristen dan sebagai orang beriman adalah bagaimana kita memahami dan memaknai kematian Yesus sebagai karya Agung untuk menyelamatkan orang berdosa.

Jadi, kisah dalam Alkitab yang menceritakan penderitaan dan kesengsaraan Tuhan Yesus hingga mati di kayu Salib, disebut sebagai Jumat Agung atau Good Friday.

Pentingnya Kematian Yesus 

Inspirasi Paskah
© istockphoto (modified)

Kematian Tuhan Yesus di kayu Salib adalah penggenapan karya mulia yang dilakukan Allah, dimana setelah kematian, terjadi Kebangkitan yang menjadi hal yang menentukan bagi Orang Percaya.

Perayaan Jumat Agung sebagai hari penyaliban Tuhan Yesus Kristus di Kayu Salib merupakan hal yang sangat bersejarah bagi umat Kristen di seluruh dunia.


Hari bersejarah ini mengisahkan secara utuh mengenai penderitaan Tuhan Yesus, mulai dari Taman Getsemani saat Yesus ditangkap, sesaat setelah melakukan perjamuan terakhir dengan murid-murid-Nya pada hari Kamis, yang dikenal dengan Kamis Putih, ini adalah peristiwa yang sakral bagi umat Kristen. 

Yesus ditangkap, kemudian diadili atas perintah Gubernur Kerajaan Romawi untuk wilayah Yudea, sehingga berakhir dengan dijatuhkan hukuman mati dengan cara disalibkan di satu bukit yaitu Bukit Golgota.

Di Bukit Golgota inilah, Yesus mengalami kesakitan dan penderitaan yang luar biasa, namun karena Kasih-Nya yang besar kepada manusia yang berdosa, Ia rela menghadapi kematian yang mengerikan itu.

Kemudian pada hari yang ketiga setelah Kematian Tuhan Yesus yaitu pada hari minggu, Yesus bangkit dari kematian yang disebut dengan hari Kebangkitan Yesus atau Paskah.

Jadi, Jumat Agung adalah hari penyaliban Yesus sampai mati di Salib dan Paskah adalah hari kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian.

Semoga penjelasan tentang arti dan makna Jumat Agung bisa memberikan pencerahan kepada kita, agar dalam perjalanan hidup sebagai orang Kristen kita memaknainya sebagai Karya Mulia yang dilakukan Yesus untuk menyelamatkan kita dari dosa.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !