6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Apa Arti Rasa Cukup Dalam Hidup ?

Bagaimana Merasa Cukup Dalam Hidup
Arti Rasa Cukup Dalam Hidup
Sadutu-sabhori.com - Menjaga kehidupan kekristenan yang selalu berpedoman pada Kebenaran Firman Tuhan memang bukan perkara mudah.  Salah satunya adalah mengenai rasa cukup dalam hidup. Tentang rasa cukup, mungkin banyak pendapat yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya rasa cukup dalam hidup dalam iman Kristen hanya berbicara tentang satu hal, yakni bagaimana kita memiliki rasa syukur.

Bagaimana Merasa Cukup Dalam Hidup menurut iman Kristen?

Merasa cukup dalam iman Kristen adalah tentang memiliki keyakinan dan kepuasan batin dalam hubungan anda dengan Tuhan, serta mensyukuri akan hidup anda dalam Kristus. Hal ini melibatkan pengakuan bahwa keberadaan, kecukupan, dan arti hidup anda bersumber dari hubungan pribadi anda dengan Allah, bukan dari pencapaian materi atau diterima di mata orang lain.

7 Prinsip Untuk Mencapai rasa cukup dalam hidup sesuai iman Kristen :

1. Jalin Hubungan Pribadi dengan Tuhan

Jalinlah hubungan yang erat dengan Tuhan melalui doa, merenungkan Firman Tuhan dan dalam persekutuan pelayanan yang tulus. Dalam hubungan ini, anda akan menemukan rasa damai, pengampunan dan kasih karunia Allah yang membuat anda merasa cukup.

Memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan akan membuat kehidupan anda lebih memahami apa makna rasa cukup yang sebenarnya saat anda dihadapkan dengan berbagai situasi yang selalu kurang secara materi. Anda merasa cukup dengan apa yang anda terima sebagai bagian dari berkat Tuhan. 

Karena tanpa hubungan pribadi dengan Tuhan, anda akan selalu merasa kurang walaupun anda memiliki banyak hal dalam hidup. Keinginan dan hasrat ketidakpuasan akan menuntun pikiran anda untuk tidak merasa cukup dengan apa yang anda terima. 

2. Syukuri Apa yang ada sebagai Berkat

Luangkan waktu untuk menghargai dan bersyukur atas semua karunia yang Tuhan berikan dalam hidup anda, baik yang besar maupun yang kecil. Kesadaran akan berkat-berkat ini dapat membantu anda merasa cukup dan bersyukur. Jangan melihat apa yang anda miliki sekarang karena kemampuan anda untuk menghasilkan atau mendapatkannya.

Saat anda memberikan pujian kepada diri dan merasa bisa mendapatkan apapun dengan kekuatan sendiri, maka anda selalu selalu kurang. Keinginan dan hasrat akan menjerumuskan anda dalam berbagai kejahatan untuk mendapatkan sesuatu dengan kekuatan dan usaha anda, misalnya korupsi dan sejenisnya.

3. Fokus pada Identitas anda dalam Kristus

Pahami bahwa sebagai seorang Kristen, identitas anda bukan hanya ditentukan oleh apa yang anda miliki atau lakukan, tetapi oleh siapa anda dalam Kristus. Anda adalah anak Allah yang dikasihi, dan nilai anda tidak bergantung pada pencapaian dunia atau pendapat orang lain.

Apapun yang anda lakukan, perbuatlah itu seperti untuk Tuhan. Sehingga tidak ada motivasi tertentu yang menyeret anda pada ketidaktulusan dalam berbuat kebaikan.

4. Jauhkan Diri dari Pencitraan Diri

Hindari terperangkap dalam membanding-bandingakan diri dengan orang lain dan dorongan untuk selalu ingin lebih baik dari orang lain. Sebaliknya, fokuslah pada pertumbuhan pribadi anda sebagai seorang Kristen dan jadilah seperti diri anda sendiri yang terbaik untuk kemuliaan Tuhan.

Jangan pernah berbuat sesuatu dengan harapan mendapat pujian dari orang lain. Sehingga apapun yang anda lakukan benar-benar untuk Tuhan dan kemuliaan namanya. Dengan tidak mengharapkan pujian dari orang lain, maka anda benar-benar sudah memuliakan Tuhan dengan seluruh hidup anda.

5. Layani dan Berbagi dengan Orang Lain

Merasa cukup dalam hidup juga berbicara tentang bagaimana anda bisa menjadi berkat bagi orang lain. Mengalami kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup juga terjadi ketika kita memperhatikan kebutuhan orang lain dan menjadi berkat bagi mereka.

Terlibatlah dalam pelayanan untuk mendukung sesama yang sedang membutuhkan, memberi dan melayani adalah bagian dari merasa cukup dalam hidup orang Kristen. Jangan pernah menutup hati anda untuk hal-hal yang bisa anda lakukan. Firman Tuhan menjamin bahwa anda tidak akan kekurangan walaupun anda terus memberi. 

6. Jangan Biarkan Materi Mengendalikan Hidup anda

Pahami bahwa materi adalah hal yang sementara dan dunia ini akan berlalu. Fokuskan perhatian anda pada hal-hal yang abadi dan berharga di hadapan Tuhan. Lekatkan hati anda pada harta surgawi sehingga anda tidak dikendalikan oleh materi.

Firman Tuhan telah mengajarkan tentang bagaimana harus menentukan sikap untuk memilih Allah atau Mamon. Anda tidak bisa menyembah pada dua tuan, sehingga penting untuk hidup tidak dikendalikan oleh materi atau Mamon. Buktikan bahwa anda merasa cukup dengan berkat dan anugerah Tuhan sehingga tidak menghambahkan diri pada hal-hal materi.

7. Bertumbuh dalam Keyakinan

Jangan berhenti untuk terus berkembang dalam iman dan pengetahuan anda tentang ajaran Firman Tuhan. Pelajari lebih dalam tentang Firman Tuhan dan menggali kebenaran-Nya, sehingga Anda dapat semakin kokoh dalam keyakinan Anda.

Bertumbuh dalam keyakinan yang benar dan teguh akan membuat anda tenang dan selalu merasa cukup dalam hidup. Apapun yang anda alami, pastikan hidup anda tetap ada dalam keyakinan bahwa Tuhan ada di pihak anda. Orang yang merasa cukup dalam hidup tidak akan membuat dirinya berhenti untuk bertumbuh secara rohani.

Merasa cukup dalam hidup dalam iman Kristen adalah sebuah perjalanan iman yang terus-menerus dan merupakan bagian dari menerima kasih dan anugerah Tuhan, kepuasan dalam hubungan pribadi dengan-Nya, serta komitmen untuk hidup sesuai dengan Firman-Nya setiap saat.

Semoga penjelasan pada artikel ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi anda untuk terus maju dalam mengiring Tuhan, meskipun harus mengalami banyak hal-hal yang berat. Tunjukkan kepada dunia bahwa Tuhan yang anda sembah bisa membuat anda selalu cukup dalam segalah hal, sehingga dunia tidak menarik anda keluar dari kasih karunia dan anugerah Tuhan.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapptelegramfacebooktwitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !