6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Renungan Hari Ini, Jangan Mendua Hati

Jangan mendua hati, allah atau mamon, Motivasi dan Inspirasi Rohani Kristen, Motivasi rohani kristen, inspirasi rohani kristen, Quotes Sadutu Sabhori, Quotes Rohani Kristen Yang Menginspirasi, Tips Rohani, Edukasi Rohani, Inspirasi Rohani, Motivasi Rohani, Fakta Alkitab, Pedoman Rohani, Quotes Rohani, Pelajaran Rohani, Santapan Rohani, Santapan Harian, Kesaksian Rohani, Pengalaman Rohani, Devotional, Alkitab Kristen, Kata Alkitab, Tokoh Kristen, Gereja, Pemuda Kristen, Pemuda Kreatif, Pemuda Berkualitas, Tafsir Alkitab, Sakramen Kristen, Nazar, Paskah, Natal, Christmas, Yesus Kristus, Tuhan Yesus, Yesus, Allah Kristen, Israel, Yerusalem, Kata-kata Motivasi Kristen, Kata Mutiara Kristen
Allah atau Mamon, sumber gambar gkjjoglo.com


Sadutu-sabhori.com - Berbicara mengenai pilihan, minimal ada dua hal yang diperhadapkan kepada setiap orang untuk memilih. Karena hidup ini selalu diperhadapkan dengan pilihan, maka setiap orang pasti menentukan pilihannya. Baik itu dalam hal pandangan hidup maupun hal-hal lain yang membutuhkan sikap hati. Sehingga penting untuk tidak mendua hati dalam menentukan pilihan.

Ada satu hal yang dituntut untuk kita harus lakukan kepada orang lain, dan hal yang sama juga yang kita harapkan terjadi pada diri kita, yaitu jangan pernah mendua hati. Renungan hari akan mengajarkan kita untuk hidup dengan sikap hati yang benar.

Renungan Hari Ini : Matius 6 : 24

Jangan Mendua Hati, Allah atau Mamon

Mendua hati adalah sikap yang tidak diinginkan oleh semua orang. Karena mendua hati mencerminkan sikap hati seseorang yang tidak bisa dipercaya atau dipegang pendiriannya dalam hidup.

Firman Tuhan jelas memberikan gambaran kepada kita dalam ayat Alkitab yang sudah kita baca bahwa saat memiliki sikap mendua hati, maka pilihan kita akan menyenangkan yang satu dan menyakitkan yang lain, antara memilih Allah atau mamon.

Dalam hal memilih kehidupan yang baik dan buruk, kita harus bisa menentukan sikap dengan tidak memilih dua pilihan sekaligus dalam waktu yang sama. Karena saat kita memilih keduanya, maka kita akan cenderung memihak kepada yang satu dan mengabaikan yang lain.

Bacaan hari ini mengajarkan kita soal menyembah kepada Allah dan kepada mamon. Firman Tuhan jelas tidak memaksa manusia untuk menyembah kepada Allah. Setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih Allah atau mamon.

Firman Tuhan hanya memberikan nasehat kepada kita tentang bagaimana sikap hati kita dalam memilih. Kita tidak bisa menyembah kepada dua tuan, yakni kepada Allah dan kepada Mamon sekaligus dalam satu waktu.

Apa Itu Mamon ?

Kata Mamon sendiri berasal dari bahasa Aram "mamona" yang berarti kekayaan atau keuntungan yang dilambangkan sebagai hal-hal dunia dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengikat.

Kita tidak bisa berkata mencintai Tuhan, namun hati kita juga terikat dan mencintai harta dunia. Yesus meminta kita menentukan sikap untuk memilih kepada siapa kita harus mengabdi.

Yesus memaparkan dua pilihan kepada manusia, yakni Allah atau mamon. Ia menyebut mamon sebagai hal dunia yang relevan dengan keadaan modern seperti materi, popularitas, uang dan sebagainya. Karena penyembahan berhala sudah tidak cocok dengan situasi jaman modern, maka terkadang manusia mengabdi kepada harta kekayaan sebagai berhala.

Hal dunia yang setara pengaruhnya dengan menyembah berhala adalah harta dan kekayaan. Mamon menjadi sorotan karena memiliki pengaruh yang sangat kuat di masa kini. 

Rasul Paulus juga mengingatkan bahwa cinta akan uang merupakan akar dari segalah kejahatan (1 Timotius 6:10). Menjadi budak atau hamba uang akan membuat seseorang bermasalah dengan imannya kepada Tuhan (2 Timotius 3:2).

Uang bukanlah dosa. Namun menghambakan diri kepada uang dan hal-hal yang berurusan dengan uang adalah dosa. Segalah sesuatu akan dilakukan hanya berorientasi pada uang dan keuntungan. Betapa kuatnya pengaruh yang ditimbulkan oleh mamon kepada manusia di jaman modern ini.

Banyak orang rela melakukan apapun demi uang. Bahkan hal-hal paling penting dalam hidup mereka dikorbankan demi uang. Itu menandakan dunia saat ini hampir sepenuhnya dikuasai oleh mamon.

Bahkan lebih mudah seseorang meninggalkan Tuhan dibanding melepaskan diri dari ikatan dan jerat mamon yang sudah merasuk seluruh hidupnya.

Uang memang dibutuhkan untuk melakukan banyak hal. Namun kadang kala, uang menggantikan posisi Allah dalam gereja. Uang menjadi tuan dan Allah sebagai bahan promosi atau konten yang menghasilkan banyak uang dalam gereja. Nama Tuhan dipakai untuk meraup banyak uang didalam gereja.

Pilihan ada di tangan kita. Apa yang harus kita pilih, buatlah keputusan yang bijak. Uang bukanlah dosa, namun uang juga bukan tuan. Dengan uang kita bisa membeli segalanya, namun uang bukan segalanya dalam hidup.

Mengabdi kepada mamon maka kita kehilangan Tuhan atau pencipta. Namun mengabdi kepada Allah maka Dia adalah sumber segalah berkat yang melebihi harta dunia.

Kiranya bagian Firman Tuhan ini bisa menjadi makna yang baik bagi kita dan memberikan kita pemahaman untuk memilih sumber segala berkat yaitu Allah yang hidup. Jadilah inspirasi bagi banyak orang dan muliakan Tuhan melalui kehidupan kita.

Tindakan Nyata Dalam Hidup Sehari-hari

Pikirkan tentang siapa yang ingin anda yakinkan hari ini untuk menentukan pilihan dalam hal rohani atau iman anda. Memilih Allah sebagai sumber berkat dan kehidupan sejati adalah kunci hidup yang diberkati. Jika memilih Allah, maka kita juga harus hidup sesuai Firmannya.

Hidup yang sesuai Firman Tuhan selalu menebarkan kebaikan, memiliki kasih kepada semua orang tanpa melihat latarbelakang mereka. Hal paling kecil seperti tersenyum dengan mereka yang senyum, menangis dengan mereka yang sedih merupakan bagian dari kasih. 

Semoga renungan hari ini membuat kita menjadi orang-orang yang memiliki sikap hati yang bisa dipercaya atau dipegang pendiriannya melalui tindakan nyata di tengah-tengah sesama.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !