6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Mengucap Syukur Dalam Segalah Hal

mengucap syukur salam segalah hal, Motivasi dan Inspirasi Rohani Kristen, Motivasi rohani kristen, inspirasi rohani kristen, Quotes Sadutu Sabhori, Quotes Rohani Kristen Yang Menginspirasi, Tips Rohani, Edukasi Rohani, Inspirasi Rohani, Motivasi Rohani, Fakta Alkitab, Pedoman Rohani, Quotes Rohani, Pelajaran Rohani, Santapan Rohani, Santapan Harian, Kesaksian Rohani, Pengalaman Rohani, Devotional, Alkitab Kristen, Kata Alkitab, Tokoh Kristen, Gereja, Pemuda Kristen, Pemuda Kreatif, Pemuda Berkualitas, Tafsir Alkitab, Sakramen Kristen, Nazar, Paskah, Natal, Christmas, Yesus Kristus, Tuhan Yesus, Yesus, Allah Kristen, Israel, Yerusalem, Kata-kata Motivasi Kristen, Kata Mutiara Kristen
Ilustrasi Motivasi, sumber : sadutu-sabhori.com


Sadutu-sabhori.com - Salah satu ciri hidup sebagai orang Kristen adalah bagaimana menerima apa yang Tuhan berikan tanpa mengeluh atau dengan kata lain bersyukur. Mengucap syukur tidak hanya untuk hal yang baik saja, namun dalam segalah hal kita perlu mengucap syukur. Oleh karena itu, simak penjelasan pada artikel ini sampai selesai.

Arti Mengucap Syukur

Mengucap syukur atau rasa syukur adalah keadaan dimana seseorang menerima apa yang terjadi dalam hidup dengan sepenuh hati dan tidak mempersoalkannya.

Bersyukur juga berarti mengakui dan menerima karunia Tuhan yang sangat luar biasa dalam hidup. Mengucap syukur menandakan kita mengakui betapa Tuhan benar-benar terlibat dalam hidup ini.

Lihat Juga Bacaan Tentang :

Rasa syukur membuat ekspresi hidup seseorang lebih santai dan menerima satu keadaan tanpa memiliki banyak alasan atau menerima realita hidup apa adanya.

Dalam Hal Apa Saja Orang Bersyukur ?

Mengucap syukur adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan orang Kristen. Sehingga kita bisa menemukan begitu banyak tokoh dalam Alkitab yang hidup dengan rasa syukur.

Jika kita sudah pernah membaca kisah tentang Yusuf ketika ia dijual oleh saudara-saudaranya, ia mengucapkan ungkapan yang penuh syukur, walaupun pada saat itu ia sedang dijual oleh saudara-saudara kandungnya. Baca dalam Kejadian 45:5.

Mengucap syukur bukanlah sesuatu yang dipaksa karena satu keadaan. Dalam kisah Yusuf, ia dijual namun tetap mengucap syukur dan itu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Mengucap Syukur Dalam Keadaan Apapun

Yusuf mengucap syukur ketika tahu bahwa ia dijual ke negeri Mesir untuk dijadikan budak, ia kemudian hidup di penjara, namun satu ketika saat bertemu saudara-saudaranya pergi ke Mesir ia tetap menerima mereka tanpa dendam.

Kisah tentang Yusuf memberikan pelajaran berharga kepada kita bahwa bersyukur tidak hanya pada saat keadaan kita sedang baik-baik saja, dalam keadaan yang sulit sekalipun kita juga harus bisa bersyukur.

Memang tidak mudah untuk mengucap syukur kepada Tuhan disaat kita mengalami berbagi keadaan yang sulit.

Mungkin kita adalah orang Kristen yang hidup takut akan Tuhan, namun hidup kita selalu mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan.

Ketika kita amati orang-orang yang hidup tidak taat kepada Tuhan, melakukan banyak hal yang tidak menyenangkan, namun hidup mereka berkelimpahan dan selalu aman tanpa banyak masalah.

Sehingga sebagai manusia kadang kita merasa bahwa Tuhan tidak adil dan janji-janji-Nya seperti tidak berguna, itulah hal yang membuat orang sulit untuk bersyukur kepada Tuhan.

Manfaat Mengucap Syukur Secara Rohani

Orang yang menerima segalah sesuatu dalam hidup dengan rasa syukur, akan terlihat hidup lebih rileks dibanding dengan orang yang tidak pernah puas dengan apa yang ada pada dirinya.

Orang yang selalu merasa tidak pernah puas atau mensyukuri apa yang diterima dalam hidup, akan selalu merasa kurang atau tidak pernah cukup, sehingga selalu timbul masalah atau cekcok dengan orang lain.

Ketika kita bersyukur, maka kita dengan penuh kesadaran mengakui bahwa karunia Tuhan berlaku dalam hidup kita.

Orang yang mengakui karya dan anugerah Tuhan berlaku dalam hidup, akan selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Rasa syukur dapat membuat kita menghargai apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup ini.

Bersyukur memang tidak mengubah kedaan yang penuh masalah atau kesulitan secara instan menjadi baik, namun rasa syukur bisa membuat kita hidup lebih damai, pikiran lebih positif dan dapat disimpulkan bahwa rasa syukur mendatangkan kebahagiaan yang lebih besar.

Manfaat Mengucap Syukur Bagi Kesehatan

Betapa pentingnya ketika hidup mengucap syukur, selain secara rohani kita dapat bahagia ketika bersyukur, secara kesehatan pun ada banyak manfaat ketika hidup mengucap syukur.

Orang yang terbiasa dengan pola hidup mengucap syukur akan berpengaruh kepada kesehatan secara psikologis. Mereka akan memiliki kualitas dan prestasi hidup yang lebih baik.

Dengan mengucap syukur, membuat pikiran dan jiwa kita terasa lebih ringan tanpa memikirkan banyak beban yang selalu menghantui, sehingga menghasilkan pikiran yang positif. Dengan demikian hidup akan terasa lebih segar.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Tidak hanya manfaat rohani saja ketika kita hidup dengan bersyukur, banyak manfaat bagi kesehatan ketika hidup selalu mengucap syukur.

Seperti dikutip dari The Royal Society, bahwa rasa syukur ada kaitannya dengan kesehatan mental yang lebih baik dan membuat respon imun dalam tubuh kita akan meningkat, sehingga membantu melawan penyakit dan peradangan dalam tubuh.

Ada banyak bukti ilmiah menunjukan bahwa dengan bersyukur selalu berkaitan dengan hal-hal positif yang akan nampak dalam kondisi fisik seseorang.

Hal ini dapat berpengaruh pada perasaan atau emosi positif yang akan menuntun seseorang untuk melakukan hal-hal positif pula dalam keseharian atau aktifitas hidup sehari-hari.

Meningkatkan suasana hati

Dengan bersyukur membuat hidup akan terasa lebih bahagia dan memiliki suasana hati yang sejuk dan damai. Hal ini juga dapat membuat seseorang lebih segar dan berpikiran positif.

Menurunkan risiko depresi

Rasa syukur dalam hidup, akan membuat seseorang cenderung memiliki emosi positif yang bisa menurunkan resiko stres dan depresi.

Dengan memelihara hidup yang memiliki rasa syukur dapat membuat hidup kita bebas dari hal-hal yang negatif akibat stres dan depresi.

Meningkatkan kualitas tidur

Kesehatan fisik maupun mental yang baik pada dasarnya timbul karena hidup dengan rasa syukur, hal ini bisa meningkatkan kualitas tidur. Orang yang selalu berysukur membuat seseorang cenderung tidur lebih nyenyak dan lebih lama di malam hari.

Menciptakan rasa percaya diri 

Bersyukur membuat hidup terhindar dari banyak tekanan atau beban yang berat. Dengan bersyukur membuat seseorang akan lebih fokus pada pikiran dan hal-hal yang positif, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan jauh dari rasa minder dengan orang lain.

Membuat hidup lebih optimis 

Bersyukur atau rasa syukur membuat kita menghargai apa yang kita miliki dalam hidup. Hal ini juga membuat kita lebih optimis menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan.

Hidup kita akan lebih terlihat tegar dan tidak gampang kuatir dengan persoalan yang datang silih berganti.

Meningkatkan hubungan sosial 

Orang yang hidup dengan rasa syukur akan membuatnya lebih mudah untuk melakukan hal-hal positif dan mengaplikasikannya dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa menciptakan hubungan sosial yang lebih baik dengan sesama.

Demikian penjelasan serta manfaat mengucap syukur dalam hidup, semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk hidup selalu memilliki rasa syukur.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !