6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Renungan Hari Ini, Peduli Kepada Sesama

Renungan Hari Ini, Peduli Kepada Sesama, motivasi dan inspirasi rohani kristen
Ilustrasi kasih, sumber: istockphoto
Sadutu-sabhori.com - Siapkan hati dan hidup kita untuk menikmati berkat Tuhan dalam renungan rohani Kristen yang bisa menuntun hidup kita. Kiranya Roh Kudus menolong kita semua untuk mengerti renungan hari ini tentang "Peduli Dengan Sesama", sehingga Firman Tuhan yang kita baca menjadi berkat dalam hari-hari hidup kita senantiasa.

Bacaan : FIlipi 4 : 5

"Hendaklah kebaikan hati mu di ketahui semua orang. Tuhan sudah dekat."

Siapakah sesama kita ?

Mereka adalah orang-orang yang ada di sekitar kita. Mereka tidak hanya yang menjadi berkat bagi kita disaat dalam kesulitan, namun mereka yang tidak care atau peduli kepada kita pun adalah sesama. Ada yang beranggapan bahwa sesama adalah orang yang baik dan care terhadap mereka, namun yang tidak baik bukan sesama.

Berbicara tentang sesama, maka erat kaitannya dengan "Kasih". Firman Tuhan berkata bahwa Kasih merupakan hukum yang utama dan inti dari seluruh hukum-hukum lain. Salah satu yang ditekankan dalam pengajaran Yesus adalah mengasihi sesama seperti diri sendiri.

Firman Tuhan mengajarkan bahwa kita harus menaruh kasih yang tulus kepada sesama seperti diri sendiri. Hal ini berarti, seperti apa yang kita lakukan untuk diri kita, maka itu juga yang kita lakukan kepada sesama kita sebagai bukti nyata dari kasih yang sudah kita terima dari Tuhan.

Menyatakan kebenaran Firman Tuhan kepada sesama merupakan Kasih yang nyata, agar tidak hanya kita yang menerima kasih, namun saudara-saudara atau sesama kita juga perlu merasakan kasih Allah dari hidup kita.

Kita tidak bisa membatasi diri untuk tidak berinteraksi dengan orang lain atau sesama hanya karena kita melihat kekurangan mereka. Membiarkan sesama kita tetap hidup dalam dosa akan menjadi hal yang salah, karena Tuhan akan menuntut tanggung jawab kita.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara kita peduli terhadap sesama. Tidak perlu kita menggunakan materi untuk membuat orang lain simpati kepada kita, karena Tuhan mengajarkan kita tentang teladan hidup yang baik berdasarkan Firman Allah. Sehingga jika kita peduli kepada sesama, maka tunjukkan teladan hidup yang baik.

Mungkin kita menghadapi sesama dengan karakter yang buruk dan membuat kita kesulitan untuk menyatakan kasih atau kepedulian kepadanya, kita bisa tunjukkan cara hidup yang bisa menjadi contoh bagi mereka.

Bahkan sebaliknya, jika kita masih hidup dalam kehidupan lama atau duniawi, maka saudara-saudara kita bisa menjadi contoh yang baik dan membawa kita kembali dalam Kasih Allah.

"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih"(1 Yohanes:7-8).

Sebab Sikap positif dan peduli kepada sesama atau orang lain tergantung bagaimana cara kita bertindak. Saling mengasihi adalah bukti bahwa kita peduli agar supaya membuat hari esok dan masa depan kita lebih menyenangkan, dan tujuan yang penuh harapan serta membawah kita menikmati Sukacita (Amsal 23 : 18).

Baca juga bacaan tentang : Kasih Yang Tidak Biasa

Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !