6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Merdeka Dari Rantai Dosa

Merdeka Dari Rantai Dosa, renungan hari ini
Kemerdekaan Sejati

Sadutu-sabhori.com - Hidup sebagai bangsa merdeka sangatlah beruntung bagi satu negara. Menikmati kemerdekaan bagi satu bangsa adalah hal luar biasa. Dan yang paling utama adalah hidup merdeka dari rantai dosa merupakan anugerah yang tidak bisa didapatkan dengan usaha manusia kecuali dari Allah sumber hidup.

Bacaan : Yohanes 8 : 31 - 36

Merayakan kemerdekaan sebagai warga negara Indonesia adalah momentum bagi setiap orang untuk mengenang perjuangan yang berat para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raga demi tana air tercinta. Sekaligus sebagai inspirasi bagi kita untuk merefleksi hidup sebagai orang orang percaya yang terlepas dari ikatan dosa.

Kita tahu bahwa, dosa membuat kita terpisah dari Allah dan membuat hidup kita berada dalam satu ikatan yang sulit terlepas dengan mudah. Sehingga Allah yang penuh kasih harus bertindak untuk menyelamatkan kita dari rantai dosa yang membelenggu, hingga mati di kayu salib.

Ada sebuah syair yang berbunyi :

"Dulu ku jauh dari jalan benar, seperti orang yg terhilang dan buta, tetapi karna cinta-Nya yang besar heran dan mulia memberi petunjuk sehingga tidak sampai musna. Aku di angkat dengan kedua tangan-Nya dan t'rus menggendong aku sampai terlihat masa hidup berkepanjangan."

Dari syair ini membuat kita bertanya kepada diri sendiri apa kelebihan saya sehingga Dia harus melakukan ini ? Dulu kita adalah hamba dosa, yg selalu menyukai hati bapa pendusta, sebab tidak ada Kebenaran didalamnya (Yohanes 8 : 44) sehingga kita selalu dan terus berbuat dosa. Tetapi Dia yg datang yakni "YESUS" membeli kita dari hutang dosa itu dengan darah-Nya sendiri dan memerdekakan kita, dan kita benar-benar di sebut merdeka.

Namun Firman Tuhan berkata "Saat kamu ada didalam Aku dan Firman Ku didalam kamu, maka kamu benar-benar murid-Ku". Jika kita telah mendapat bagian dalam kebebasan ini, yaitu dari jerat serta ikatan dosa, maka peliharalah hidupmu supaya jangan dengan kesempatan itu engkau pergunakan untuk berbuat dosa lagi, (Yohanes 5 : 14), (1 Korintus15 : 34) Karena semua yang Dia lakukan untuk menyelamatkan kita.

Apa Tujuan Hidup Orang Merdeka?

1. Orang yang merdeka menjadi ciptaan baru (2 korintus 5 : 17)

Merebut kemerdekaan bukanlah hal yang mudah, itu adalah perjuangan dan pertempuran yang sengit antara hidup dan mati, menang atau kalah, sehingga perjuangan menjadi orang merdeka sangatlah menyedikan. Sehingga hidup sebagai orang merdeka dalam kekristenan adalah menjadi ciptaan baru di dalam Kristus.

2. Orang yang merdeka dipimpin oleh Roh Allah (Roma 8 : 14)

Saat hidup sebagai orang merdeka, maka kita tidak lagi hidup mengikuti keinginan duniawi, kita akan hidup dipimpin oleh Roh Allah. Hidup dipimpin oleh Roh Allah akan menghasilkan perbuatan yang menyenangkan hati Allah.

Inti dari kehidupan yang merdeka adalah hidup kita tidak lagi terikat oleh rantai dosa karena kita menjadi anak-anak Allah yang telah dimeteraikan dengan darah Kristus, kita menjadi orang-orang yang hidup sesuai kehendak Allah.

Salam Merdeka,

Tuhan Yesus Memberkati.

Baca juga bacaan tentang : Merawat Kemerdekaan, Menjauhi Permusuhan

Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !