6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Perkembangan Gereja Saat Ini

Perkembangan Gereja Saat Ini, situs motivasi dan inspirasi Kristen Terbesar di Indonesia
Gereja dan Perkembangannya Saat Ini
Sadutu-sabhori.com - Dari hari ke hari gereja telah mengalami banyak perkembangan signifikan di berbagai bidang. Perkembangan gereja saat ini merupakan dukungan besar dari berbagai elemen, yaitu negara dan juga berbagai lembaga yang terkait. Terlebih lagi peran aktif seluruh organisasi-organisasi gereja dan kaum profesional yang begitu giat bekerja tiada henti untuk pertumbuhan gereja.

Pertumbuhan gereja diukur dari berbagai aspek yang ada di dalamnya, seperti jumlah, perubahan secara sosial daa teologis, penggunaan teknologi, penanganan masalah, fungsi atau peran geraja. Semua itu adalah indikator yang menentukan pertumbuan gereja.

Indikator-indikator Pertumbuhan Gereja :

1. Pertumbuhan jumlah anggota

Gereja, terutama di negara-negara berkembang, telah mengalami pertumbuhan jumlah anggota yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti misi evangelisasi yang aktif, pelayanan sosial yang baik, dan konversi dari agama lain.

Hal ini merupakan bentuk peran aktif berbagai oraganisasi yang terus memberikan kontribusi dalam bidangnya masing-masing dengan tetap fokus pada pelayanan terorganisir dengan baik.

2. Perubahan sosial dan teologis

Beberapa Gereja telah menghadapi tantangan terkait perubahan sosial dan teologis. Misalnya, beberapa Gereja telah membahas dan mengubah pendekatan mereka terhadap isu-isu seperti peran perempuan dalam pelayanan gereja, LGBT, dan isu-isu sosial lainnya.

Perubahan sosial dan teologis yang dihadapi gereja tidak semata-mata dianggap sebagai tantangan, namun kesempatan untuk berinovasi lebih besar dan aktif dalam pelayanan yang tertarget. Hal ini mendorong peran perempuan dalam pelayanan gereja semakin lebih aktif.

3. Peran teknologi dalam kehidupan gereja

Seperti dalam banyak aspek kehidupan, teknologi juga memainkan peran penting dalam perkembangan gereja. Gereja-gereja menggunakan media sosial, streaming, dan platform online lainnya untuk menyebarkan khotbah, pelayanan, dan informasi gereja secara lebih luas.

Berbeda dengan pelayanan gereja pada beberapa dekade sebelumnya. Kehadiran teknologi menjadi penopang utama dalam membangkitkan semangat penyebaran informasi visi dan misi gereja secara masif. Pemberitaan injil menggunakan teknologi terbukti menyumbang banyak dalam pertumbuhan gereja baik secara kuantitas maupun kualitas.

4. Isu-isu kontroversial

Gereja juga terus dihadapkan pada isu-isu kontroversial, seperti skandal keuangan, penyalahgunaan kekuasaan, dan tuduhan pelecehan seksual. Hal ini telah mendorong beberapa Gereja untuk lebih transparan dalam menangani masalah internal mereka dan untuk meningkatkan standar akuntabilitas.

Isu-isu yang terjadi tidak membuat gereja menyerah. Justru semakin membuat gereja menunjukkan keterbukaannya dalam mengelola berbagai masalah internal, sehingga menciptakan kepercayaan terhadap pengelolaan organisasi dan pelayanan.

5. Pencarian arti hidup

Di tengah perubahan sosial dan dinamika dunia modern, banyak orang mencari arti hidup dan spiritualitas yang mendalam. Gereja berusaha untuk menjadi tempat di mana orang-orang dapat menemukan makna dan tujuan hidup mereka.

Gereja mulai bergerak dan lebih membuka diri untuk pelayanan yang lebih luas untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat secara spiritual. Berbeda dengan sebelumnya, gereja hanya diakses secara terbatas oleh mereka yang terlalu fanatik dengan berbagai doktrin yang sangat sempit. 

Saat ini gereja mulai memperluas visi dan misinya dengan menjangkau berbagai bidang hidup manusia yang dinilai selama ini dianggap bukan ranahnya. Gereja terlihat lebih netral namun tetap fokus pada target pemberitaan injil yang terukur.

Itulah 5 indikator pertumbuhan gereja yang dinilai sebagai pencapaian besar dalam hal jumlah. Secara kualitas, gereja masih perlu banyak belajar untuk lebih kuat dan masif lagi untuk menggunakan seluruh kekuatan untuk menghadapi era perkembangan dan peradaban yang kompleks.

Untuk mencapai hal ini, gereja harus membangun satu standar yang sesuai dengan peradaban. Minimal setara atau selangkah lebih maju dari apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan cara itu, tidak ada lagi problem internal yang menjadi penghalang dan menyita waktu, perhatian dan konsentrasi yang seharusnya bisa digunakan untuk misi pelayanan yang tertarget. 

Harapan besarnya adalah gereja bisa menjadi solusi untuk berbagai persoalan sosial, moral, konflik internal dan pelayanan yang lebih luas dari saat ini. Doktrin dan fanatisme yang menjadi tembok petumbuhan gereja, diharapkan mencair dan keterbukaan bisa tercipta.

Itulah perkembangan gereja yang ada saat ini. Kita seharusnya menjadi penopang yang kuat dengan menjadikan hidup kita sebagai kesaksian yang hidup, itu merupakan peran aktif yang sangat berkontribusi bagi pertumbuhan gereja. Karena gereja tidak hanya berbicara soal jumlah, namun kualitas hidup yang bisa mempengaruhi lingkungan secara positif.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !