6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Mengapa Orang Kristen Suka Mencela ?

Orang Kristen, Sadutu Sabhori, Renungan harian, gereja, inspirasi, motivasi Kristen

Sadutu-sabhori.com - Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita diperhadapkan dengan berbagai situasi-situasi hidup dan itu sangat beragam, ada yang membuat kita begitu nyaman sehingga kadang-kadang kita berat untuk meninggalkan suasana nyaman itu walaupun hanya sebentar.

Ada pula suasananya yang sangat memiluhkan hati, sehingga kita hampir saja tidak sanggup untuk terus didalam suasana itu, ada juga yang seharusnya tidak perlu terjadi sehingga membuat kita merasa resah dan akhirnya kita berusaha mencari ketenangan  dengan berbagai cara agar terhindar dari keadaan yang tidak nyaman tersebut.

Pengaruh Pergaulan Yang Buruk

Salah satu hal yang sering kali terjadi dan membuat kita tidak nyaman adalah ketika orang-orang di lingkungan kehidupan sehari-hari hanya mencari kesempatan kalau bisa mencela dan menjelek-jelekan orang lain.

Orang yang sudah kecanduan dengan sifat ini maka hidupnya tidak akan tenang jika sehari saja tidak menjelek-jelekan orang lain.

Setiap ada kesempatan dimana dia berkomunitas atau berinteraksi dengan orang lain pasti ada saja pikiran untuk mencari cela dan bisa membicarakan kejelekan orang yang dia tidak sukai.

Memang hal seperti ini bisa terjadi pada siapapun ketika orang tidak bisa mengendalikan diri, namun itu terjadi pada saat benar-benar tidak bisa dihindari. 

Dalam menghadapi hal seperti ini  kita perlu memiliki satu sikap dimana rasa menghargai dan menghormati orang lain sama seperti kita menghargai diri kita sendiri itu ada pada diri kita. 

Karena jika kita menghargai orang lain sama seperti kita menghargai diri kita maka tindakan untuk mencela atau menjelek-jelekan orang lain akan semakin jauh dari kita,  bahkan kita sangat peka atau sensitif ketika kita keceplosan atau secara tidak sadar melakukannya.

Moral Akan Menjadi Rusak

Sebagai seorang Kristen yang baik kita haruslah menyadari akan hal ini sehingga jangan sampai kita terbiasa melakukannya. 

Ketika ia berada pada satu komunitas atau perkumpulan maka dia tidak pernah sabar untuk tidak membicarakan dan mencela orang lain.

Hal yang seringkali dibahas adalah kekurangan atau kejelekan orang tertentu atau golongan tertentu dan inilah keadaan yang sangat berbahaya dan perlu dihindari orang Kristen.

Salah satu kualitas Kekristenan adalah bagaimana kita menjauhkan diri dari pergaulan yang sia-sia, dimana kita harus konsisten dengan iman kita sebagai seorang Kristen yang artinya Pengikut Kristus dan mengikuti teladan sejati dari Guru kita Tuhan Yesus. 

Kecanduan akan Kebiasaan Buruk

Semua orang dari kalangan manapun sangat berpotensi untuk mencela dan menjelek-jelekan orang lain karena hal itu sangat erat kaitannya dengan pergaulan dan kebiasaan di lingkungan dimana perilaku seperti itu sekian lama dianggap hal biasa.

Lihat Juga Bacaan Tentang 

Coba kita amati di sekitar kita begitu banyak orang Kristen yang sikapnya sangat disayangkan, hidup penuh dengan bahasa makian, menghina dan mencela orang lain tanpa peduli dan banyak sekali hal-hal buruk yang mereka lakukan.

Walaupun rutinitas mereka sangat aktif dalam setiap ibadah dan kegiatan rohani, namun yang keluar dari mulut dan sikap merek sangat jauh dari orang yang mengenal Tuhan.

Hal-hal seperti ini terjadi tidak lain karena pergaulan buruk yang sudah mempengaruhi hidup mereka.

Alkitab menuliskan bahwa Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik, itu artinya sebuah peringatan keras yang mestinya kita sebagai orang Kristen ketahui, agar tidak terjerumus didalam pergaulan yang salah.

Mari kita menjaga setiap pergaulan kita mulai dari sikap dan tutur kata kita karena itulah teladan hidup yang baik bagi banyak orang di sekitar kita tanpa perlu mengajaknya berbicara atau mengajarinya berbuat yang baik. 

Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !