-->

Mengapa Orang Kristen Suka Mencela Orang Lain ?


Dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang kita diperhadapkan dengan berbagai situasi-situasi hidup dan itu sangat beragam, ada yang membuat kita begitu nyaman sehingga kadang-kadang kita berat untuk meninggalkan suasana nyaman itu walaupun hanya sebentar, ada pula yang suasananya sangat memiluhkan hati sehingga kita hampir saja tidak sanggup untuk terus didalam suasana itu, adapula keadaan yang seharusnya tidak perlu terjadi sehingga membuat kita merasa resah dan akhirnya kita berusaha mencari ketenangan  dengan berbagai cara agar terhindar dari keadaan yang setiap saat menyayat hati.

 Salah satu hal yang sering kali terjadi dan membuat kita tidak nyaman adalah ketika orang-orang di lingkungan kita berada kehidupannya selalu mencela dan menjelek-jelekan orang lain. Memang hal seperti ini bisa terjadi pada siapapun ketika orang tidak bisa mengendalikan diri, namun itu terjadi pada saat benar-benar tidak bisa dihindari. 
Dalam menghadapi hal seperti ini  kita perlu memiliki satu sikap dimana rasa menghargai dan menghormati orang lain sama seperti kita menghargai diri kita sendiri itu ada pada diri kita. Karena jika kita menghargai orang lain sama seperti kita menghargai diri kita maka tindakan untuk mencela atau menjelek-jelekan orang lain akan semakin jauh dari kita,  bahkan kita sangat peka atau sensitif ketika kita keceplosan atau secara tidak sadar melakukannya.

Sebagai seorang Kristen yang baik kita haruslah menyadari akan hal ini sehingga jangan sampai kita terbiasa melakukannya. 

Tanda Orang Yang Kecanduan Sifat Mencela Orang Lain

Ketika ia berada pada satu komunitas atau perkumpulan maka dia tidak pernah sabar untuk tidak membicarakan dan mencela orang lain, hal yang seringkali dibahas adalah kekurangan atau kejelekan orang tertentu atau golongan tertentu dan inilah keadaan yang sangat berbahaya dan perlu dihindari orang Kristen.

Salah satu kualitas Kekristenan adalah bagaimana kita menjauhkan diri dari pergaulan yang sia-sia, dimana kita harus konsisten dengan iman kita sebagai seorang Kristen yang artinya Pengikut Kristus dan mengikuti teladan sejati dari Guru kita Tuhan Yesus.
 
Mengapa Seorang Kristen Suka Mencela dan Menjelek-jelekan Orang Lain ?

Semua orang dari kalangan manapun sangat berpotensi untuk mencela dan menjelek-jelekan orang lain karena hal itu sangat erat kaitannya dengan Pergaulan dan kebiasaan pada lingkungan dimana perilaku seperti itu sekian lama dianggap hal biasa.

Coba kita amati di sekitar kita begitu banyak orang Kristen yang sikapnya sangat disayangkan, berada pada perkumpulan orang-orang yang sangat tidak bermoral hidupnya, hidup penuh dengan bahasa makian, menghina dan mencela orang lain tanpa peduli dan banyak sekali hal-hal buruk yang mereka lakukan walaupun rutinitas mereka sangat aktif dalam setiap ibadah dan kegiatan rohani, hal ini tidak lain karena Pergaulan yang Buruk sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang.

Mari kita menjaga setiap pergaulan kita mulai dari sikap dan tutur kata kita karena itulah teladan hidup yang baik bagi banyak orang di sekitar kita tanpa perlu mengajaknya berbicara atau mengajarinya berbuat yang baik. SS

LihatTutupKomentar