Flickr Images

Dalam Hal Apa Orang Kristen Menang ?

Melihat perkembangan dunia informasi dan teknologi yang semakin maju maka kita bisa melihat setiap perubahan terjadi disekitar kita pada banyak hal. Setiap perubahan terjadi bukan hanya membawa dampak yang baik namun pada beberapa hal terlihat sangat miris jika diperhatikan sehingga kadang menjadi perhatian banyak orang dan ketika hal-hal yang tidak pantas terjadi pada ruang publik maka akan menjadi hal yang selalu dibicarakan baik di media sosial maupun di media elektronik. Salah satu yang dibicarakan adalah tentang Kalah atau Menang. Sesuai judul diatas " Dalam Hal Apa Orang Kristen Menang ? "

Berbicara mengenai hal-hal yang viral saat ini tidak hanya pada kalangan selebriti atau dunia hiburan semata namun juga terjadi pada lingkungan gereja atau kekristenan yang terlihat sangat tidak pantas terjadi namun itulah kenyataanya bahwa hal-hal seperti ini terjadi bukan pada orang-orang yang tidak berpendidikan namun justru terjadi pada mereka yang tingkat pendidikan sangat baik yang menurut pemahaman saya apakah mereka benar-benar berdebat untuk mendatangkan sesuatu yang bernilai bagi kekristenan ataukah sebaliknya memberikan contoh yang bertentangan dengan ciri-ciri sebagai orang kristen yang sesungguhnya ?

Yang saya maksudkan disini adalah mengenai cara berpikir dan berinteraksi pemimpin-pemimpin gereja, jika kita lihat di media sharing video terbesar sejagat seperti YOUTUBE sangat banyak dibicarakan dan sayangnya pada banyak konten youtube yang mereka unggah adalah perdebatan mengenai hal-hal fundamental dalam Alkitab yang seharusnya membawa dampak yang baik seperti kedamaian atau kesejukan bagi orang kristen secara menyeluruh namun yang terjadi adalah pertengkaran hebat karena tidak ada yang mau kalah dan merasa memiliki pemahaman kitab suci yang tidak tertandingi. Inilah hal viral yang tidak membawa manfaat bagi kekristenan sedikitpun dan justru memberikan gambaran kepada dunia diluar kristen bahwa kekristenan tidak memiliki contoh yang baik.

Saya melihat banyak sekali orang-orang yang merasa memahami Alkitab dengan baik namun ketika dilihat pada video youtube atau konten pada media sosial lain yang mereka unggah atau share adalah sebuah perdebatan sengit bahkan banyak sekali video yang berisikan tanggapan mereka terhadap tokoh agama lain walaupun tidak diajak untuk berdebat tapi ditanggapi. Hal-hal yang seringkali diperdebatkan adalah mengenai Salib, mengenai Ketuhanan Yesus dan mengenai Keaslian Alkitab Kristen , sebagai orang kristen tidak perlu berdebat dengan mereka yang tidak percaya hal-hal yang kita percaya. Kenapa para pendeta berdebat dengan penuh amarah seperti ada perkelahian dengan mereka yang diluar kristen ?, Ini tidak menunjukan ciri khas orang kristen yang sesungguhnya dan pertanyaan saya adalah apakah mereka sebagai pemimpin-pemimpin gereja ini benar-benar paham soal kekristenan yang baik atau tidak ? Tidak perlu berdebat apalagi di media sosial atau ruang publik lainnya karena dengan cara itu tidak membawa dampak positif bagi kekristenan justru sebaliknya menjatuhkan derajat kekristenan. 

Yang disesalkan adalah  level seorang pendeta berdebat seperti bertengkar atau berkelahi dengan mereka di agama lain adalah hal yang tidak terpuji. Sebagai orang kristen, saya merasa itu kesalahan fatal yang dilakukan oleh pemimpin gereja. Jika seorang pendeta kuatir umatnya terpengaruh dengan hasutan-hasutan dan fitnahan dari mereka yang  tidak percaya kepada Yesus maka cara yang tepat adalah terus berusaha memberikan pengajaran dan pemahaman mendalam tentang Iman dan keyakinan Kristen serta memberikan contoh yang sesuai kepada umat atau jemaatnya sehingga tidak gampang terpengaruh, bukan dengan cara berdebat dan bertengkar habis-habisan dengan mereka yang tidak percaya kepada Yesus dan merasa menang. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi masukan yang baik bagi kita orang kristen yang sungguh-sungguh percaya kepada yesus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dalam Hal Apa Orang Kristen Menang ?"

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda disisni !

Note: only a member of this blog may post a comment.