Tuhan Beri Akal dan Manusia Proaktif

Belakangan ini manusia seluruh belahan dunia digemparkan dengan wabah virus mematikan yaitu virus corona yang muncul dari sebuah kota di China yaitu kota Wuhan. Wabah dari virus ini membawa ketakutan yang besar bagi kebanyakan orang apalagi informasi mengenai orang yang terinfeksi virus mematikan ini setiap saat diberitakan oleh banyak media baik media cetak maupun media elektronik. 

Hal inilah yang membuat respon masyarakat sangat beragam belum lagi aksi dari orang-orang iseng dan tidak bertanggungjawab turut menyebarkan informasi hoax mengenai kejadian ini semakin membuat masyarakat resah dan panik menghadapi keadaan yang sedang terjadi, diberitakan bahwa jumlah korban yang meninggal dunia akibat virus ini sampai ribuan orang dan sementara yang menjalani perawatan serius saat ini sangat banyak jumlahnya di seluruh dunia. 
Intinya dengan adanya virus mematikan ini membuat hampir seluruh aspek kehidupan manusia terlebih mereka yang hidup di china dan negara-negara tetangga dengan negara ini semakin hari berada dalam kepanikan yang sangat besar. 

Terlepas dari berbagai pandangan dan komentar yang menanggapi wabah virus mematikan ini baik dari pakar kesehatan maupun dari pihak-pihak yang berkompeten memberikan tanggapan dalam menanggulangi  wabah ini, tidak kalah juga dari kalangan gereja dan rohaniwan ikut menanggapi kejadian yang sedang terjadi dengan memberikan semangat juga motivasi kepada mereka yang sedang terinfeksi dan kepada seluruh masyarakat yang bebas dari infeksi virus ini agar tetap menjaga kesehatan dan secara keimanan juga berdoa agar wabah ini bisa cepat teratasi.

Memang tidak salah bagi pihak gereja atau para rohaniwan yang aktif memberikan motivasi rohani dan tips-tips kepada masyarakat khususnya bagi warga kristen agar tetap kuat dalam menghadapi situasi seperti ini. Namun haruslah dengan cara dan tips yang bijak agar tidak menyesatkan pemahaman orang kristen dalam menanggapi keadaan saat ini.
Hal ini saya merasa penting untuk memberikan pemahaman sederhana kepada pembaca terutama bagi kalangan kristen agar ketika kita berpengharapan kepada Tuhan Yesus haruslah dengan pemahaman yang baik dan benar agar tidak disesatkan oleh tips-tips yang menyatakan bahwa kita cukup bersantai saat menghadapi keadaan wabah virus mematikan (corona virus ) seperti sekarang ini.

Sebagaimana yang disampaikan oleh sebuah channel youtube untuk konten rohani ketika memberikan semangat dan tips kepada masyarakat yang beragama kristen " kita tidak perlu bersusah payah untuk panik dan resah, kita hanya bersantai dan biarkan Tuhan yang bertindak atau mengambil alih untuk mengatasi virus ini ".
Saya yakin ketika orang kristen mendengar tips seperti ini maka dengan penuh semangat tanpa berpikir panjang akan mengikutinya, sehingga terkadang terjadi salah pemahaman mengenai peran Tuhan dalam situasi hidup bukanlah dengan mangambil alih setiap usaha manusia untuk mengatasi masalah tanpa melibatkan manusia, namun justru Tuhan selalu bekerja melibatkan manusia sebagai mitraNya dalam merealisasikan apa yang menjadi kebaikan bagi manusia itu sendiri. Tuhan memberikan kecerdasan dan kemampuan bagi orang-orang yang dipilihNya untuk menyatakan kebaikan dan perhatianNya kepada manusia.
Hal ini mendapat tanggapan dari beberapa pihak yang menyatakan ketika kita hanya berdiam saja tanpa berbuat apa-apa maka mustahil bisa terhindar dari virus mematikan ini. Manusia diberi akal untuk mencari jalan keluar dalam situasi seperti ini bukan berdiam diri dan pasrah. 

Sebagai seorang yang beriman kepada Tuhan Yesus tentu kita yakini Tuhan akan menolong orang percaya untuk keluar dari setiap situasi yang genting, namun kita pasti menyadari bahwa Tuhan bekerja melalui wakil-wakilnya di dunia ini yakni para pakar kesehatan, dokter dan orang-orang yang terpanggil yang sudah diberkati dengan kecerdasan dari Tuhan untuk mengatasi persoalan apapun dan Tuhan juga memberikan akal yang sehat dan baik kepada semua orang untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat agar meminimalisir penyebaran virus yang terjadi. Tuhan memberikan akal budi untuk manusia berpikir menghindari hal-hal yang bisa mencelakai dirinya. 

Ingat, sebagai orang kristen yang baik dan tidak ingin disesatkan oleh tips-tips yang terkesan rohani dan memotivasi namun secara tidak sadar meninabobokan orang kristen untuk santai dan pasif dalam menanggapi situasi hidup. Tuhan memberikan kita akal budi untuk berpikir dan roh kuduslah yang menolong kita untuk memahami Firmannya dan kitalah yang proaktif menggunakan akal kita untuk menjaga diri dengan baik.

Semoga tulisan saya ini dapat menjadi berkat dan memberikan pemahaman yang baik bagi semua orang.

Subscribe to receive free email updates:

Comments
0 Comments

About Me

My photo
Nama saya Fredik Lusi, asal Nusa Tenggara Timur, saya pemilik Sadutu-sabhori.com yakni blog yang memuat konten-konten rohani Kristen yang bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi pembaca agar terus hidup pada jalan yang kebenaran sesuai Firman Tuhan. Ada beberapa penulis dalam blog ini yang namanya tidak disebutkan dalam artikel dengan tujuan agar pembaca tidak terinspirasi karena figur penulis namun fokus pada isi tulisan. 085239264444