6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Tuhan Beri Akal dan Manusia Proaktif

Tuhan Beri Akal dan Manusia Proaktif, Sadutu Sabhori, Renungan harian, gereja, inspirasi, motivasi Kristen
Sadutu-sabhori.com - Belakangan ini manusia seluruh belahan dunia digemparkan dengan wabah virus mematikan yaitu virus corona yang muncul dari sebuah kota di China yaitu kota Wuhan.

Wabah dari virus ini membawa ketakutan yang besar bagi kebanyakan orang apalagi informasi mengenai orang yang terinfeksi virus mematikan ini setiap saat diberitakan oleh banyak media baik media cetak maupun media elektronik. 

Hal inilah yang membuat respon masyarakat sangat beragam belum lagi aksi dari orang-orang iseng dan tidak bertanggungjawab turut menyebarkan informasi hoax mengenai kejadian wabah ini.

Semakin membuat masyarakat resah dan panik menghadapi keadaan yang sedang terjadi, diberitakan bahwa jumlah korban yang meninggal dunia akibat virus ini sampai ribuan orang dan sementara yang menjalani perawatan serius saat ini sangat banyak jumlahnya di seluruh dunia. 

Intinya dengan adanya virus mematikan ini membuat hampir seluruh aspek kehidupan manusia terlebih mereka yang hidup di china dan negara-negara tetangga semakin hari berada dalam kepanikan yang sangat besar. 

Lihat Juga Bacaan Tentang

Peran Orang Kristen Dalam Situasi Sulit

Berbagai pandangan dan komentar yang menanggapi wabah virus mematikan ini baik dari pakar kesehatan maupun dari pihak-pihak yang berkompeten memberikan tanggapan dalam menanggulangi  wabah ini.

Tidak kalah juga dari kalangan gereja dan rohaniwan ikut menanggapi kejadian yang sedang terjadi dengan memberikan semangat juga motivasi kepada mereka yang sedang terinfeksi.

Juga kepada seluruh masyarakat yang bebas dari infeksi virus ini agar tetap menjaga kesehatan dan secara keimanan juga berdoa agar wabah ini bisa cepat teratasi.

Memberikan Informasi Yang Benar

Memang tidak salah bagi pihak gereja atau para rohaniwan yang aktif memberikan motivasi rohani dan tips-tips kepada masyarakat khususnya bagi warga kristen agar tetap kuat dalam menghadapi situasi seperti ini.

Namun haruslah dengan cara dan tips yang bijak agar tidak menyesatkan pemahaman orang kristen dalam menanggapi keadaan saat ini.

Penting untuk memberikan pemahaman bagi kalangan kristen agar ketika kita memiliki pengharapan kepada Tuhan Yesus haruslah dengan pemahaman yang baik dan benar.

Jangan mau disesatkan oleh tips-tips yang menyatakan bahwa kita cukup bersantai saat menghadapi wabah virus mematikan (corona virus ) seperti sekarang ini.

Terbukti, mereka yang memiliki pemahaman yang hanya mau bersantai saja, akhirnya banyakbsekali yang menjadi korban.

Bijak Menanggapi Situasi

Sebagaimana yang disampaikan oleh sebuah channel youtube untuk konten rohani ketika memberikan semangat dan tips kepada masyarakat yang beragama kristen " kita tidak perlu bersusah payah panik dan resah, kita hanya bersantai dan biarkan Tuhan yang bertindak atau mengambil alih untuk mengatasi virus ini ".

Saya yakin ketika orang kristen mendengar tips seperti ini maka dengan penuh semangat tanpa berpikir panjang akan mengikutinya, dengan alasan orang yang beriman.

Terkadang terjadi salah pemahaman mengenai peran Tuhan dalam situasi hidup, bukan Tuhan  mengambil alih setiap usaha manusia untuk mengatasi masalah tanpa melibatkan manusia.

Tuhan selalu bekerja melibatkan manusia sebagai mitraNya dalam merealisasikan apa yang menjadi kebaikan bagi manusia itu sendiri.

Tuhan memberikan kecerdasan dan kemampuan bagi orang-orang yang dipilihNya untuk menyatakan kebaikan dan perhatianNya kepada manusia.

Hal ini mendapat tanggapan dari beberapa pihak yang menyatakan ketika kita hanya berdiam saja tanpa berbuat apa-apa maka mustahil bisa terhindar dari virus mematikan ini.

Manusia diberi akal untuk mencari jalan keluar dalam situasi yang sulit seperti ini bukan berdiam diri dan pasrah. 

Tidak Pasif Namun Proaktif

Sebagai seorang yang beriman kepada Tuhan Yesus tentu kita yakin bahwa Tuhan akan menolong orang percaya untuk keluar dari setiap situasi yang sulit.

Namun kita pasti menyadari bahwa Tuhan bekerja melalui wakil-wakilnya di dunia ini yakni para pakar kesehatan, dokter dan orang-orang yang terpanggil.

Mereka diberkati dengan kecerdasan dari Tuhan untuk mengatasi persoalan apapun yang manusia hadapi.

Tuhan juga memberikan pikiran yang baik kepada semua orang untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat agar meminimalisir penyebaran virus atau penyakit.

Ingat, sebagai orang kristen yang baik, jangan mau disesatkan oleh tips-tips yang terkesan rohani dan memotivasi namun secara tidak sadar meninabobokan orang kristen untuk santai dan pasif dalam menanggapi situasi hidup.

Tuhan memberikan kita akal untuk berpikir dan roh kudus yang menolong kita untuk memahami Firmannya.

Tuhan beri kita akal bukan untuk bersantai namun agar kita proaktif menggunakan akal kita untuk menjaga diri dengan baik.