6QzAWNxu9vUZqZPudZXN62uj7V3RGVqOpo1M316P
Bookmark

Pengaruh Negatif Game Online Bagi Remaja Kristen

Pengaruh Negatif Game Online Bagi Remaja Kristen
Game Online dan Remaja Kristen
Sadutu-sabhori.com - Seiring dengan kemajuan teknologi, game online menjadi salah satu hiburan yang digemari oleh berbagai kalangan, termasuk remaja. Walaupun menjadi salah satu hiburan, penggunaan game online tidak lepas dari resiko negatif yang sangat memungkinkan berpengaruh bagi remaja, terutama remaja Kristen. 

Pada pembahasan ini kamu mencoba memberikan penjelasan lebih jauh terkait pengertian dari game online dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan bagi setiap remaja Kristen.

Apa Itu Game Online ?

Game online merupakan permainan yang dimainkan menggunakan jaringan internet. Permainan ini bisa dimainkan secara sendiri-sendiri maupun berkelompok. Game online menawarkan banyak genre, seperti perang, strategi, balap dan juga petualangan.

Walaupun menyenangkan, adanya faktor kompetisi dan interaktivitas yang tinggi, seringkali memicu remaja untuk terus bermain dan dalam jangka waktu yang lama. 

Dampak Negatif Game Online

Karena terbiasa dengan hal-hal yang menantang dalam setiap level pada game online, maka orang yang bermain pun semakin hari semakin terbawa jauh mengikuti karakter yang diperankan dalam game. Sehingga dengan sendirinya menghabiskan waktu, tenaga dan konsentrasi setiap remaja pada game yang dimainkan.

Pada titik ini, sadar atau tidak para remaja sudah berada pada situasi yang buruk yakni kecanduan terhadap game yang dimainkan. oleh karena itu tidak bisa dianggap sepele, karena semakin lama akan semakin membuat remaja menjadi anak yang sulit diarahkan kehidupannya kepada hal-hal positif.

Peran orang tua sangat penting dalam mengatasi remaja yang kecanduan game online. Tak dapat dipungkiri, kecanduan game akan berpotensi menyebabkan penurunan prestasi belajar, penurunan minat membaca, hingga perubahan perilaku remaja.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk terlibat aktif dalam mengawasi aktivitas anak-anak mereka. Selain itu, memberikan alternatif kegiatan positif yang lebih bermanfaat juga bisa menjadi solusi.

Tak hanya berpengaruh terhadap aspek psikologis, kecanduan game online juga sangat beresiko terhadap kesehatan para remaja. Dengan lama bermain game online yang tidak terkontrol dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti mata lelah, sakit kepala, hingga obesitas akibat kurangnya aktivitas fisik.

Tak berhenti di situ, dampak negatif lain yang mungkin timbul adalah pada masa pergaulan. Remaja Kristen yang terlalu asyik bermain game online berpotensi mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebaya pada dunia yang nyata. Sehingga dapat menimbulkan dampak terhadap kemampuan mereka berkomunikasi.

Apa Kata Alkitab Tentang Menggunakan Waktu ?

Adapun anjuran dalam Alkitab pada Kolose 3:17, bahwa segala sesuatu yang kita perbuat tidak hanya dalam perkataan namun ditekankan juga soal tindakan atau perbuatan yang dilakukan dalam nama Tuhan Yesus dengan ucapan syukur. Mengacu pada ayat tersebut, remaja Kristen diajak untuk menggunakan waktu dan energi secara bijaksana.

Meskipun game online adalah hiburan yang menyenangkan, perlu ada kontrol dan pengawasan dari orang tua serta pemahaman dari setiap remaja tersebut akan resiko dan dampak negatifnya.

Untuk memberikan gadget atau gawai kepada remaja Kristen haruslah dipertimbangkan dengan baik agar tidak menimbulkan hal-hal negatif bagi remaja Kristen.

Sebagai orang tua seharusnya memberikan pemahaman yang mendalam kepada setiap anak remaja untuk menggunakan gadget untuk game online secara bijaksana agar selaras dengan ajaran agama yang dianut.

Jika anda diberkati dengan artikel ini, silahkan bagikan melalui whatsapp, telegram, facebook, twitter dan media sosial lainnya kepada orang-orang yang anda kasihi agar mereka juga diberkati dan mendapat inspirasi baru. Tekan pada Tombol Subscribe dibawah ini untuk mendapatkan update terbaru dari Blog Ini. Terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda disisni !