Flickr Images

Berubalah Ke arah Yang Lebih Baik

Dimana-mana semua meneriakan perubahan baik di bidang politik, ekonomi dan masih banyak lagi. Namun perubahan seperti apakah yang mereka inginkan ?. Perubahan memang sangat terlihat saat ini di banyak bidang namun apakah itu perubahan yang diinginkan atau perubahan di hal lain ?. Sesuai dengan judul diatas bahwa " Berubahlah Ke Arah Yang Lebih Baik ", dari judul ini sangat terlihat bahwa memang ada banyak perubahan namun faktanya bukan hanya kearah yang baik namun ada sekian banyak hal yang berubah kearah yang sangat buruk, misalnya ada perubahan dalam sisi moral terutama anak-anak namun akhirnya berubah ke arah sulit untuk diatur oleh orang tua ketika kelakuannya mengarah ke hal-hal negatif alasanya orang tua saat ini dilarang memberikan didikan yang keras misalnya dirotani atau dicubit telinga maka akan berhadapan dengan hukum dan UU Perlindungan anak atau UU Kekerasan pada anak-anak.

Sejak dulu ada banyak didikan yang diterapkan mulai dari rumah sampai di sekolah sekalipun bahkan rotan dipakai sebagai salah satu alat mendisiplinkan anak dan itu tidak pernah ada masalah, orang tua mendisiplinkan anak dengan cara-cara yang wajar dan itu tidak pernah ada masalah serius. Efek yang didapatkan dari didikan orang tua kepada anak sangat terasa, bahwa anak-anak memiliki moral yang masih jauh lebih baik dari saat ini. Apakah ini adalah hal yang kurang ? Sehingga terjadi perubahan yang berujung pada pembangkangan yang sulit diatasi lagi dan itu semakin berakar bukan hanya anak-anak yang bukan kristen tetapi banyak sekali terjadi pada anak-anak Kristen.

Dari sisi kekristenan sebenarnya perubahan seperti apakah yang diinginkan ? Dari salah satu contoh yang disebutkan diatas apakah itu hal yang baik dan perlu dicontohi ? Ataukah ada hal yang kurang dalam perubahan yang sedang terjadi ? Ketika dilihat dari salah satu sisi maka kelihatannya perubahan yang terjadi adalah baik namun di sisi lain adalah hal yang kurang disadari dalam sebuah perubahan yaitu Moralitas.

Sebagai orang kristen seharusnya memiliki kesadaran penuh akan hal-hal yang sedang terjadi dan berubah disekitar kita. Kekristenan memiliki patokan tersendiri dalam hal perubahan karena ketika terjadi perubahan maka orang kristen yang baik seharusnya memikirkan standart moral yang sesuai dengan ajaran FIRMAN TUHAN. Moral yang ditekankan oleh Firman Tuhan kepada seorang kristen adalah Perubahan dari hal yang buruk menjadi lebih baik dan ini ditunjukan sendiri oleh Yesus sebagai Teladan. Didalam pengajaran Yesus kepada murid-murid yang dipilihnya adalah sebuah perubahan dari keadaan lama menjadi baru. 

Jika diperhatikan dalam Injil maka sangat jelas perubahan itu terjadi dan itulah yang diharapkan Yesus kepada murid-muridnya seperti Matius dari Pemungut Cukai, dan inilah hal yang harusnya terjadi dalam kehidupan sebagai orang Kristen. Namun bagaimana tanggapan kita saat kita melihat orang Kristen yang sangat giat beribadah namun kehidupan sehari-harinya bahkan lebih buruk dari orang-orang yang bukan Kristen ? Perubahan haruslah terjadi dan arahnya harus lebih baik itulah yang diajarkan Tuhan kepada kita dalam Firmannya.

Jika kita melihat banyak perubahan di sekitar kita namun itu tidak dalam hal moral yang semakin baik maka haruslah kita menjadi patokan di lingkungan tersebut. Jangan kita menjadi lebih buruk dari orang-orang yang bukan Kristen karena identitas kita sebagai seorang kristen tidak hanya label namun cara hidup kitalah yang disebut kristen, sehingga orang lain bisa melihat cara hidup kita sebagai contoh. Janganlah kita hidup dengan kemunafikan artinya kita menamai diri kita kristen untuk bisa diterima pada kelompok-kelompok kristen namun cara hidup kita ketika diluar komunitas kristen jauh lebih buruk. Jadilah teladan yang baik selagi kita masih diberikan kesempatan untuk hidup, kita tidak pernah tahu kapan kita dipanggil Tuhan, itu adalah hal rahasia yang perlu kita persiapkan setiap saat. AMIN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berubalah Ke arah Yang Lebih Baik"

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda disisni !

Note: only a member of this blog may post a comment.