Flickr Images

Tetap Tegar Dimasa Yang Sukar

Dalam kehidupan ini ada banyak situasi yang akan kita hadapi atau mungkin saat ini kita sedang menghadapi situasi yang tidak diharapkan dan saya yakin setiap situasi yang datang menghampiri kita tidak pernah diduga sebelumnya. Setiap kondisi yang kita alami memang tidak semuanya baik atau nyaman-nyaman saja, ada keadaan yang sangat tidak mengenakan mendatangi kita tanpa ijin sehingga ketika menghadapinya kita butuh kesabaran yang ekstra dan hal-hal seperti ini merupakan ujian yang perlu kita hadapi sebagai seorang kristen sejati. Namun pertanyaan sederhana bagi kita adalah bagaimana seorang kristen tetap tegar dimasa yang sukar walaupun itu adalah hal terberat yang  dihadapi. 

Ketika berada pada satu masa dimana itu adalah masa yang sulit atau sukar, sebagai manusia biasa kita akan berpikir keras untuk menghadapi situasi itu dengan berbagai cara agar bisa keluar dari keadaan sukar itu dengan baik, namun cara seperti apakah yang kita harus tempuh jika satu keadaan yang sulit menimpa kita ? Mungkin keadaan yang sukar itu adalah masalah ekonomi, masalah keluarga, masalah pekerjaan atau masalah lain dalam keseharian. Jika masalah itu seperti yang saya sebutkan diatas maka saya ingin katakan bahwa masalah-masalah itu juga menimpa orang lain bahkan lebih sulit dari yang kita alami namun mereka bisa keluar dari masalah besar itu dengan sangat elegan.

Saya coba mengamati apa yang dialami orang lain apakah sama seperti yang saya alami dan dari beberapa orang yang saya amati ternyata persoalan mereka juga mirip seperti yang saya alami bahkan ada yang sama persis. Namun yang menjadi pelajaran bagi saya adalah bagaimana mereka keluar dari setiap persoalan besar yang mereka hadapi tanpa mereka meninggalkan Iman mereka kepada Yesus Kristus. Ada beberapa hal yang saya bisa simpulkan dari pengamatan saya yaitu Kesabaran, Berserah kepada Tuhan, Kesungguhan.

Kesabaran

Ada sekian banyak orang yang jatuh dan hancur sampai tidak bisa bangun lagi ketika mengalami satu persoalan besar dan itu disebabkan karena ketidaksabaran dalam dalam menghadapi persoalan hidup. Mengatasi satu masalah bukanlah hal yang instan untuk mendapatkan jalan keluar tetapi membutuhkan kesabaran untuk menghadapinya. Dalam kesabaran itulah keyakinan kita akan terus bertumbuh lewat do'a-do'a yang terus menerus dinaikan kepada Tuhan. Karena Tuhan melihat setiap hati yang sabar mengharapkan jalan keluar dariNya. Didalam kesabaran itulah Tuhan ingin melihat apakah kita terus mengharapkan pertolongan atau kita mencari pertolongan lain selain kepada DIA.

Berserah Kepada Tuhan

Inilah salah satu hal penting yang perlu kita sadari bahwa berserah kepada Tuhan disaat mengahadapi persoalan adalah hal yang wajib dilakukan orang percaya. Ketika kita menyerahkan seluruh persoalan kita kepada Tuhan maka Tuhan akan hadir sebagai jalan keluar lewat cara-caraNya yang ajaib dan tidak kita pahami. Sehingga orang yang begitu percaya dan berserah penuh setiap persoalannya tanpa disadari jalan keluar yang tidak terduga menghampirinya seperti mujizat dan inilah yang harus dilakukan orang-orang percaya.

Kesungguhan

Mengapa ada orang yang mengalami masalah atau persoalan hidup namun tidak kunjung berakhir masalah-masalah itu terus datang silih berganti ? Mungkin Tuhan ingin menguji seseorang dengan cara yang tidak dimengerti namun perlu disadari bahwa ada hal lain yang menyebabkan orang tidak pernah mengalami jalan keluar dalam persoalannya dan itu disebabkan oleh ketidaksungguhan dalam berserah kepada Tuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebagai orang percaya dalam menghadapi setiap persoalan sehingga kita bisa tetap tegar di masa yang sukar sekalipun. Kiranya Tuhan selalu menolong orang-orang yang sungguh-sungguh percayakan masalah hidup kepadaNya dan sabar berdoa dan berharap jalan keluar yang terbaik dari Tuhan sumber solusi. AMIN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tetap Tegar Dimasa Yang Sukar"

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda disisni !

Note: only a member of this blog may post a comment.